Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Polres Buru Jaringan Narkotika Jenis Cathinone

15 Desember 2018, 12: 37: 15 WIB | editor : Wijayanto

DIKEMBANGKAN: Tiga orang tersangka yang ditangkap KPPBC Juanda.

DIKEMBANGKAN: Tiga orang tersangka yang ditangkap KPPBC Juanda. (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Satresnarkoba Polresta Sidoarjo berupaya membongkar jaringan peredaran narkotika jenis baru cathinone. Sejumlah informasi telah dikumpulkan untuk memburu para pelaku yang terlibat.

Perburuan jaringan narkotika jenis daun ini mulai gencar dilakukan setelah pihak Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Juanda berhasil menggagalkan aksi penyulundupan paket cathinonene pada Selasa (4/12) lalu.

“Kasus ini baru pertama. Kita masih bekerja keras untuk mengungkap jaringan di atasnya setelah menangkap AR di Gresik,” beber Kasat Resnarkoba Polresta Sidoarjo Kompol Sugeng Purwanto.

Sugeng mengungkapkan, pihaknya baru pertama kali ini menangani kasus tersebut. Cathinone termasuk narkotika yang golongan berbahaya. Barang ini masuk dalam narkotika golongan I. “Sejenis daun ganja dan memiliki efek fly bagi penggunanya,” ujarnya.

Selain itu, Sugeng mengungkapkan, Cathinonen termasuk narkotika yang harganya lebih mahal dibandingkan ganja. Cara mendapatkan barang terlarang itu juga lebih susah. “Harganya bisa 2-3 kali lipat,” tandasnya.

Masih kata Sugeng, narkotika yang biasa dikonsumsi dengan cara diseduh atau dirokok itu mulai muncul di Indonesia saat adas penangkapan salah satu artis ternama ibukota. “Dulu belum ada pasalnya. Setelah kasus itu sekarang sudah ada payung hukumnya. Sehingga bisa ditindak,” tegasnya.

Sugeng juga mengimbau agar waspada terhadap peredaran cathinone. Dengan adanya temuan kasus tersebut, barang tersebut sudah beredar di masyarakat. “Masyarakat harus waspada. Ternyata narkotika yang mahal sudah masuk Sidoarjo,” pungkasnya. (son/vga)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia