Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Tiga Bulan Sekali, Kejari Surabaya Musnahkan BB Narkotika

13 Desember 2018, 22: 37: 56 WIB | editor : Wijayanto

RUTIN: Persiapan pemusnahan barang bukti narkotika di BNNP Jatim.

DIBAKAR: Petugas menunjukkan barang bukti yang akan dimusnahkan di kantor BNNP Jatim, Kamis (13/12). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya memusnahkan sejumlah barang bukti narkotika berbagai jenis. Seperti sabu-sabu (SS), ekstasi, ganja dan pil LL. Pemusnahan dilakukan di Kantor BNNP Jatim, Kamis (13/12).

Sejumlah barang bukti tersebut merupakan hasil dari 400 perkara yang ditangani. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar menggunakan mesin pembakar atau incenerator milik BNNP Jatim. 

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Surabaya, Didik Adyotomo mengatakan, pemusnahan barang bukti narkotika ini merupakan bagian dari perkara yang sudah inkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap. 

"Memang sudah menjadi tupoksi kita untuk melaksanakan sebagai eksekutor, untuk mengeksekusi terhadap barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap," ujar Didik di Kantor BNNP Jatim. 

Pemusnahan kali ini, kata Didik, merupakan yang ketiga dalam kurun waktu tahun 2018. Sedianya, pemusnahan dilakukan secara periodik setiap tiga bulan sekali. "Jadi kita buat sederhana, yang penting pelaksanaannya benar-benar real kita lakukan pemusnahan," paparnya di hadapan wartawan. 

Adapun rincian barang bukti yang dimusnahkan di antaranya SS 9, 3 ons, ganja kering 4,9 ons, pil carnopen 100 ribu butir dan pil LL 350 juta butir. Selain itu, juga dimusnahkan narkotika jenis lain beserta alat yang digunakan untuk melakukan penyalahgunaan narkotika. (rus/jay)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia