Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Bupati Sambari Ingin Jadikan Gresik Lumbung Inovasi

12 Desember 2018, 18: 49: 29 WIB | editor : Wijayanto

INOVASI: Bupati Sambari Halim Radianto saat melihat hasil kerajinan warga desa di Wahana Ekspresi Poesponegoro, kemarin.

INOVASI: Bupati Sambari Halim Radianto saat melihat hasil kerajinan warga desa di Wahana Ekspresi Poesponegoro, kemarin. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

Gresik  – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyiapkan wilayahnya sebagai kabupaten lumbung inovasi. Pemkab Gresik berupaya memfasilitas pengembangan produk unggulan desa berbasis informasi.

Keinginan itu disampaikan Bupati Sambari saat membuka acara Program Inovasi Dearah di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), kemarin. Menurut Bupati Sambari inovasi merupakan lahirnya hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Dikatakan, pihaknya mendukung sejumlah inovasi yang diciptakan di masing-masing desa.

"Asalkan inovasi tersebut memberikan manfaat terutama bagi kesejahteraan masyarakat. Sebagai bupati, saya menganjurkan agar semua desa di Gresik mempunyai inovasi baru. Paling tidak satu desa satu inovasi,” ujar Bupati Sambari.

Masih menurut Bupati Sambari, perlunya inovasi jug mempunyai tujuan dalam menunjang dan mendukung inovasi di negeri sendiri. Seperti saat ini, pemerintah daerah membuat terobosan dengan mengembangkan inovasi pariwisata lokal di daerah desa masing-masing perkecamatan. "Namun tak hanya pariwisata, kita coba kembangkan kesenian dan kebudayaan yang kita miliki,” pungkasnya.

Bupati Sambari menilai, adanya replikasi dan percontoham bagi desa-desa lain serta bertukar inovasi sesuai dengan keadaan daerah masing-masing. “Harapan kami adalah menjadikan Kabupaten Gresik sebagai lumbung inovasi,” tegas Bupati Gresik.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Gresik Edy Hadisiswoyo menjelaskan, Program Inovasi daerah merupakan program penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi yang berkembang di desa. Kegiatan ini juga untuk mendukung pelaksanaan inovasi desa dan tingkat kecamatan sebagai wahana pertukaran dan inovasi desa. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia