Senin, 18 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

PT DLU Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Jelang Libur Nataru

12 Desember 2018, 18: 43: 47 WIB | editor : Wijayanto

DEKLARASI KESELAMATAN PELAYARAN: Pihak PT DLU, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Pelindo I

DEKLARASI KESELAMATAN PELAYARAN: Pihak PT DLU, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Pelindo III, Paguyuban Ekspedisi, dan PT PELNI saat membacakan tujuh poin deklarasi keselamatan pelayaran. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – PT Dharma Lautan Utama (DLU) terus melakukan peningkatan keselamatan pelayaran kepada para penumpang moda transportasi laut. Kali ini bersama beberapa stakeholder seperti Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Pelindo III, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak, dan lain sebagainya, PT DLU mengadakan sosialisasi keselamatan pelayaran di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Rabu (12/12).

Dikemas dengan format kegiatan nonformal, PT DLU menampilkan edukasi keselamatan pelayaran melalui fragmen-fragmen drama. Seperti pada fragmen dengan tema "Pentingnya memiliki tiket resmi selama perjalanan."

Dalam fragmen berdurasi empat menit tersebut, disampaikan kepada para penumpang berbagai keuntungan memiliki tiket resmi. Salah satunya adalah adanya asuransi apabila kapal mengalami kecelakaan. “Selain asuransi, penumpang akan jauh lebih terdata dengan memiliki tiket resmi yang dapat dibeli di agen-agen tiket,” ujar Direktur Utama PT DLU, Erwin H. Poedjono.

SAMBUTAN: Direktur Utama PT DLU Erwin H. Poedjono memberikan sambutan saat sosialisasi keselamatan pelayaran di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusant

SAMBUTAN: Direktur Utama PT DLU Erwin H. Poedjono memberikan sambutan saat sosialisasi keselamatan pelayaran di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Rabu (12/12). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Menurutnya, dalam sosialisasi keselamatan pelayaran kali ini, pihaknya membuat kegiatan yang jauh dari kesan formal. “Supaya para penumpang juga jauh lebih cepat menyerap informasi yang ingin kami sampaikan,” tambahnya.

Sebagai operator yang telah lama berkecimpung di industri pelayaran Indonesia, PT DLU mengharapkan kerja sama dari pihak regulator maupun fasilitator untuk berkomitmen terhadap keselamatan pelayaran. Sesuai dengan tagline keselamatan secara nasional yaitu Keselamatan Pelayaran Adalah Tanggung Jawab Bersama, stakeholder langsung harus secara rutin melakukan edukasi.

“Ini tugas kita bersama untuk memastikan para penumpang selamat sampai kota tujuan. Selain kerja sama dari stakeholder langsung, kami juga melihat dari stakeholder tidak langsung seperti laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan situasi galangan kapal,” tegas Erwin yang didampingi Manajer Usaha PT DLU Gede Maharta.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Hernadi Tri Cahyanto menyebutkan jika penanganan muatan apabila terjadi over dimension dan over load juga menjadi poin penting dalam keselamatan pelayaran.

“Apalagi tentang penanganan barang-barang berbahaya. Hal-hal itulah yang akhirnya mendasari sosialisasi seperti ini terus diadakan,” ucapnya.

Di akhir sosialisasi, secara bersama-sama antara pihak operator, regulator, dan fasilitator melakukan pembacaan deklarasi keselamatan pelayaran sebagai komitmen menomorsatukan keselamatan ber-tagline Budayakan Keselamatan dan Cintai Keselamatan.

Ke depan, menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, PT DLU akan mengadakan sosialisasi serupa di Semarang, Merak, dan Balikpapan. (rul/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia