Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Percepat FR, Dinas PUPR Ajukan 83 Berkas untuk Dibayar

12 Desember 2018, 16: 37: 26 WIB | editor : Wijayanto

DIKEBUT: Pembebasan lahan frontage road (FR) mulai Kecamatan Waru hingga Buduran ditargetkan selesai akhir Desember 2018.

DIKEBUT: Pembebasan lahan frontage road (FR) mulai Kecamatan Waru hingga Buduran ditargetkan selesai akhir Desember 2018. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Jumlah berkas yang akan dibayar untuk ganti rugi lahan Frontage Road (FR) bertambah. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo, Selasa (11/12), mendapatkan 49 berkas tambahan yang akan dibayar. Dengan tambahan tersebut, total berkas yang akan dibayar pekan ini mencapai 83 dokumen.

Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan mengatakan, tambahan berkas tersebut berasal dari tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Waru, Gedangan, dan Buduran. Setelah menerima berkas tersebut, tahapan pembayaran dimulai. Berkas akan diteliti terlebih dahulu. "Kalau sudah lengkap akan dibayar," katanya.

Sebenarnya, total lahan milik warga yang harus dibebaskan tahun ini mencapai 86 berkas. Dengan begitu, tunggakan Dinas PUPR tinggal tiga berkas lagi. Saat ini tiga berkas tersebut dalam tahap pembebasan.

Sigit mengakui masih ada pemilik lahan yang belum sepakat dengan nilai appraisal. Salah satunya warga RW IV Desa Tebel, Kecamatan Gedangan. Pemilik lahan menolak nilai appraisal FR karena nilainya terlalu kecil.

Menurut Sigit, warga berhak menolak perhitungan harga tanah dari tim independen. Namun, dia menegaskan nilai pengukuran dan penaksiran lahan sudah final. Hari ini Dinas PUPR berencana mengumpulkan pemilik lahan tersebut. Pihaknya juga mengundang Kejaksaan Negeri Sidoarjo dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo.

Sementara itu, Camat Gedangan Abdul Muid mengatakan, pihaknya terus berupaya membantu pembebasan lahan. Caranya dengan pendekatan dari hati ke hati. "Semoga warga mau menyerahkan tanahnya," ucap Muid. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia