Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Seleksi CPNS Pastikan Tidak Ada Tes Wawancara

10 Desember 2018, 18: 54: 52 WIB | editor : Wijayanto

Kabid Data, Formasi dan Pengembangan Kepegawaian BKD Gresik Reza Pahlevi.

Kabid Data, Formasi dan Pengembangan Kepegawaian BKD Gresik Reza Pahlevi. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Gresik memastikan dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 tidak ada tes wawancara. Para peserta hanya mendapatkan dua tes. Yakni, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) serta tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

Kepala Bidang (Kabid) Data, Formasi dan Pengembangan Kepegawaian BKD Gresik Reza Pahlevi mengatakan tidak adanya tes wawancara sesuai dengan intruksi dari pemerintah pusat. Jadi hanya ada dua tes saja yang dilalui para peserta. "Sesuai intruksi pusat, tidak boleh ada tes wawancara," ujarnya.

Dikatakan, untuk tes seleksi kompetensi bidang (SKB) sendiri akan menggunakan sistem computer assisted tes (CAT). Dan untuk persiapan materi tes dilakukan sepenuhnya oleh panitia seleksi nasional (panselnas). "Sedangkan panitia seleksi daerah (panselda) hanya mempersiapkan kebutuhan teknis di lokasi," kata dia.

Terkait waktu pelaksanaan tes SKB, sesuai rencana dilakukan pada 12-14 Desember mendatang. Untuk lokasinya akan dipusatkan di Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Jatim. "Untuk tes sejumlah kabupaten dipusatkan disana," terangnya.

Dijelaskan, nantinya hasil tes SKB akan digabungkan dengan tes SKD. Untuk tes SKD nilainya 40 persen dan tes SKB nilainya 60 persen. "Dari penggabungan itu akan kami ranking sesui kebutuhan formasi dan ditetapan sebagai CPNS Kabupaten Gresik," ungkap dia.

Ditambahkan, untuk peserta yang lulus SKD jumlahnya sebanyak 1.058 orang. Dari jumlah tersebut yang mengikuti SKB hanya 1.030 orang. Sedangkan untuk 28 orang yang merupakan guru honorer K2 tidak mengikuti SKB. "Untuk peserta CPNS dari guri honorer K2 nilainya langsunh diberi 100. Jadi tidak perlu lagi tes SKB," imbuhnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia