Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Sidoarjo

33 Pelukis Pameran Bareng di Balongbendo

10 Desember 2018, 18: 30: 51 WIB | editor : Wijayanto

APRESIASI: Ketua Dewan Kesenian Sidoarjo Ali Aspandi membuka pameran lukisan di Balongbendo.

APRESIASI: Ketua Dewan Kesenian Sidoarjo Ali Aspandi membuka pameran lukisan di Balongbendo. (SILVESTER SILI TEKA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Sebanyak 33 pelukis menggelar lukisan di salah satu rumah makan, Jalan Bypass Balongbendo. Selain perupa Sidoarjo, para pelukis berasal dari Surabaya, Gresik, Surabaya, Mojokerto, Banyuwangi, Bojonegoro, Jombang, Bali hingga Cirebon.

Ketua Dewan Kesenian Sidoarjo Ali Aspandi mengapresiasi para seniman yang berani mengadakan pameran di kawasan pinggiran Kota Delta, khususnya Balongbendo. Ini merupakan peristiwa bersejarah karena belum pernah ada pameran sejenisnya di kawasan Balongbendo.

“Teman-teman seniman ini punya semangat yang tinggi untuk berekspresi. Di sisi lain, perhatian pemerintah terhadap kesenian umumnya masih kurang,” kata Ali Aspandi kemarin.

Ali meminta para seniman Sidoarjo dan kota-kota lain untuk terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Karya seni bagaimanapun juga harus mengikuti perkembangan masyarakat. Seniman perlu membuat perubahan tema, ide, gagasan, hingga teknis agar karya-karyanya bisa dinikmati masyarakat.

“Saya percaya seniman sejati pasti tahu menempatkan posisinya di tengah pusaran arus agar karya-karyanya dihargai,” kata Ali yang juga advokat senior itu.

Bella Bello, pelukis asal Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan pameran seni rupa di Balongbendo untuk menggairahkan kesenian di Sidoarjo Barat. Selama ini dia menilai Balongbendo dan sekitarnya masih gersang dengan kesenian. "Kita perlu menciptakan peradaban baru. Balongbendo harus kita ramaikan biar tanahnya tidak gersang dengan seni," kata Bella Bello.

Menurut dia, persiapan pameran bertajuk Geliat Anak Negeri Menggapai Warna ini cukup singkat. Namun, para seniman Sidoarjo mendapat dukungan dari sesama perupa dari kota-kota lain. “Alhamdulillah, lebih dari 30 pelukis yang bersedia menampilkan karyanya. Sebetulnya masih banyak lagi yang ingin kuat, tapi tempatnya terbatas,” katanya.

Selain Bella Bello, pelukispelukis yang memajang karyanya selama sebulan di Balongbendo antara lain Juniarto Dwi Nugroho, Andik Eko

Bence, Buggy, Cak Har, Cucun, Daniel de Quelyu, Dedi Aljawi, Dimas Vito, Dodik Ndolit, Edi Cahyono, Farid Firdaus, Hadi Juatmo, Heru Jetis, dan Heru B. Lakone. (sil/rek)

(sb/sil/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia