Senin, 22 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Temukan Warga Binaan di Lapas/Rutan Belum Masuk DPT

08 Desember 2018, 11: 12: 09 WIB | editor : Wijayanto

PENENTUAN: Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin (kiri) membuka rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPT, Jumat (7/12).

PENENTUAN: Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin (kiri) membuka rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPT, Jumat (7/12). (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo belum bisa memastikan penambahan daftar pemilih tetap (DPT) yang berasal dari warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan). Hingga saat ini KPU Sidoarjo masih menunggu petunjuk dari KPU pusat terkait mekanisme agar warga binaan tetap bisa mencoblos.

Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin mengatakan, warga binaan Lapas Sidoarjo, Lapas Porong, dan Rutan Medaeng belum masuk DPT Sidoarjo. Total warga binaan diperkirakan sekitar 4.000 orang. Data warga binaan ini dianggap belum jelas. “Banyak yang bukan warga Sidoarjo dan jumlah napi keluar masuk,” kata Zainal di sela rapat pleno rekapitulasi penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-2 (DPTHP-2), Jumat (7/12).

Zainal mengungkapkan, total pemilih dalam DPTHP-2 sebanyak 1.397.573. Meningkat dibandingkan DPTHP-1 yang hanya 1.394.483. Jumlah tersebut belum termasuk napi di tiga lapas yang ada di Kabupaten Sidoarjo. “Belum kita masukkan karena masih belum jelas petunjuknya dari pusat,” ujarnya.

Dalam DPTHP-2 tersebut, jumlah pemilih pemula yang usianya akan genap 17 tahun saat mencoblosan pada 17 April 2019 juga telah dimasukkan. Hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sidoarjo agar memberikan surat keterangan saat usianya sudah 17 tahun.

DPTHP-2 merupakan pemutakhiran data masuk dan keluar. Setelah diplenokan, nantinya tidak ada penambahan atau pengurangan lagi. “Termasuk jika ada DPT yang meninggal akan kita stabilo tetapi tidak mengubah jumlah DPT,” pungkasnya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia