Sabtu, 16 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Diduga Usia Produktif, Rahang Diperiksa Tentukan Usia Sapi

08 Desember 2018, 09: 58: 55 WIB | editor : Wijayanto

SELIDIKI: Gigi dan rahang sapi di RPH liar di Desa Tropodo, Kecamatan Krian, diperiksa.

SELIDIKI: Gigi dan rahang sapi di RPH liar di Desa Tropodo, Kecamatan Krian, diperiksa. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Sidoarjo – Polisi masih mendalami hasil temuan dari sidak Rumah Potong Hewan (RPH) liar di Desa Tropodo, Krian beberapa hari lalu. Salah satunya mengungkap dugaan adanya penyembelihan sapi betina usia produktif di lokasi tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris mengatakan, saat kegiatan sidak pada hari Rabu (5/12) malam tim gabungan satgas pangan membawa sejumlah sample barang bukti guna kepentingan penyelidikan. “Saat ini masih proses penyelidikan. Kita masih memeriksa barang bukti berupa rahang sapi betina yang diduga masih dalam usia produktif,” kata Harris, Jumat (7/12).

Dia mengungkapkan, hasil penyelidikan barang bukti berupa rahang tersebutlah yang nantinya bakal ditindaklanjuti. Polisi dan staf Dinas Pangan dan Pertanian akan meneliti dari ukuran rahang dan jumlah gigi dalam rahang tersebut untuk menentukan usia sapi. “Kita tunggu hasilnya dulu. Jika positif akan ditindak,” imbuhnya.

Selain itu, Harris juga masih belum mengambil kesimpulan terhadap dugaan adanya proses penggelonggongan di RPH liar yang disidak itu. “Belum ada temuan gelonggongan,” ungkapnya.

Dia mengimbau, masyarakat untuk lebih berhati-hati saat memilih daging. Salah satunya dengan memilih daging dengan kualitas yang baik dan berbelanja di tempat penjualan sapi yang aman dan terpercaya. “Jika ada temuan mencurigakan laporkan ke polisi,” katanyanya.  (son/rek)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia