Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Libur Panjang Nataru, KAI Siapkan 6 Kereta Tambahan

07 Desember 2018, 16: 56: 33 WIB | editor : Wijayanto

DIPREDIKSI MENINGKAT: Calon penumpang antre untuk mendapatkan tiket kereta di Stasiun Gubeng Lama, Surabaya.

DIPREDIKSI MENINGKAT: Calon penumpang antre untuk mendapatkan tiket kereta di Stasiun Gubeng Lama, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Jelang libur Natal dan tahun baru (Nataru), PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 8 telah menyiapkan enam kereta tambahan guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

Menurut Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko, pihaknya memprediksi akan ada peningkatan jumlah penumpang hingga 3,8 persen pada libur Natal dan tahun baru 2018.

"Target kami, jumlah penumpang akan meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu," terangnya di Surabaya, Kamis (6/12).

Nataru tahun lalu, pihaknya mencatatkan sebanyak 692.327 penumpang, dan tahun ini diprediksi sebanyak 718.701 penumpang.

Menurut Gatut, prediksi jumlah tersebut akan terjadi selama musim Nataru. "Musim libur Nataru 2018 telah ditetapkan selama dua pekan,yakni dimulai tanggal 20 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019," ungkap Gatut.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang tersebut, Gatut menyebutkan, akan ada enam rangkaian kereta tambahan. Di antaranya Kereta Api Gajayana tambahan yang diberangkatkan dari Stasiun Malang dan Stasiun Gambir. Kemudian Kereta Api Sembari tambahan yang berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Gambir. Selanjutnya, Kereta Api Sancaka tambahan yang berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Tugu Yogyakarta. Lalu Kereta Api Kertajaya tambahan yang berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Pasar Senen.

"Untuk Kereta Api Matarmaja tambahan, diberangkatkan dari Stasiun Malang Kota Baru dan Stasiun Pasar Senen. Terakhir Kereta Api Pasundan tambahan berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Bandung Kiara Condong," jelasnya.

Gatut menambahkan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang, PT. KAI Daop 8 Surabaya juga akan menyediakan Posko Natal di tiap stasiun besar. Posko tersebut nantinya ada layanan informasi dan tenaga medisnya. Selain itu juga menambah petugas keamanan dari pihak kepolisian.

"Nanti juga akan ada customer service yang mobile di stasiun besar seperti Gubeng dan Pasar Turi. Tiap stasiun ada dua customer service mobile, fungsinya membantu penumpang," pungkasnya. (cin/nur)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia