Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Terapkan Filosofi Kuda, Kreasi Kursi Plastik Multifungsi

07 Desember 2018, 16: 47: 19 WIB | editor : Wijayanto

EL CABALLO CHAIR: Monique memeragakan kursi kreasinya yang diilhami model kuda.

EL CABALLO CHAIR: Monique memeragakan kursi kreasinya yang diilhami model kuda. (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Mahasiswa Universitas Ciputra (UC) memiliki ide unik dalam mengatasi persoalan (problem solver) yang terjadi di lingkungan masyarakat. Salah satunya adalah berinovasi membuat kursi plastik menjadi lebih kokoh dan tahan banting.

Mahasiswa jurusan Interioor Arsitektur UC, Monique Habriela Ruslie membuat invoasi kursi kerja yang desainnya mirip dengan kuda. Kursi rancangannya itu sengaja didesain mirip kuda karena sesuai dengan namanya yang mengambil bahasa Spanyol, El Caballo Chair alias kursi kuda.

Ia mefilosofikan kuda, karena kuda adalah hewan yang memeliki fungsi beragam. “Filosofi kuda, mempunyai fungsi yang banyak, bisa untuk andong, bisa untuk kerja. Nah kebetulan kursi ini khusus untuk kerja, karena bagian depannya ada mejanya,” jelas Monique.

Bahan yang digunakan untuk kursi ini juga sangat unik. Di antaranya adalah perpaduan rotan dengan kursi plastik. Kurai plastik yang pada umumnya sangat ringkih, jika dipadukan dengan rotan, akan terasa lebih kokok dan tahan lama. 

Selain itu, meskipun kursi tersebut mengalami kerusakan, akan mudah dibenahi lagi dengan hanya mengganti kursi plastiknya. Monique mengakui inovasinya ini masih banyak kekurangan dalam pengerjaan.

Salah satunya adalah bentuk dari kursi yang kurang mengutamakan refleks duduk seseorang. “Meskipun fungsi dari kursi ini sudah bagus tapi ini masih perlu ada pembenahan lagi,” tuturnya. (gin/jay)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia