Sabtu, 07 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Pemkab Tuntaskan Ganti Rugi FR Bulan Ini

07 Desember 2018, 16: 11: 35 WIB | editor : Wijayanto

BERPACU: Lahan frontage road (FR) di Kecamatan Buduran yang akan segera dituntaskan pembebasannya.

BERPACU: Lahan frontage road (FR) di Kecamatan Buduran yang akan segera dituntaskan pembebasannya. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Batas akhir pembayaran ganti rugi pembebasan lahan Frontage Road (FR) jatuh pada bulan ini. Dari 86 berkas milik warga, hanya 19 saja yang menerima hasil appraisal. Pemkab pun menyiapkan jalur konsinyasi untuk yang tidak menerima.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sigit Setyawan mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu berkas warga yang lain. Diiberikan waktu 14 hari kerja bagi warga untuk mengambil keputusan. Bagi warga yang sepakat, uang ganti rugi akan langsung ditransfer ke rekening pemilik lahan. Sedangkan bagi yang belum bersepakat, pilihannya hanya konsinyasi.

Sigit menjelaskan, dalam proses konsinyasi tersebut warga bisa mengajukan keberatan ke Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo. Selanjutnya, PN akan menyidangkan aduan warga tersebut. Hasilnya, PN bisa menerima atau menolak gugatan.

Jika gugatan warga dikabulkan, Dinas PUPR harus menjalankan keputusan PN. Misalnya, warga menilai uang ganti rugi terlalu kecil. Putusan PN, Dinas PUPR harus memberikan tambahan nilai ganti rugi. Namun jika PN memenangkan Dinas PUPR, warga pun harus menerima keputusan tersebut dan mengambil uang ganti rugi di PN.

Sejauh ini warga belum mengajukan gugatan hukum. Meski begitu, pihaknya akan menunggu hingga akhir tahun.  Jika gugatan belum dilayangkan, mau tidak mau warga harus menerima nilai appraisal pemkab. "Kami anggap warga menerima hasil appraisal," jelasnya.

Pembebasan lahan FR milik warga ditargetkan selesai tahun ini. Pemkab menyediakan anggaran sebesar Rp 128 miliar. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia