Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Didominasi Permintaan E-Katalog, Penjualan Komputer Turun

30 November 2018, 17: 23: 28 WIB | editor : Wijayanto

MENURUN: Pengunjung melihat laptop seri terbaru di salah satu gerai di Jalan Ir Soekarno, Surabaya. Selama ini penjualan komputer masih didominasi dar

MENURUN: Pengunjung melihat laptop seri terbaru di salah satu gerai di Jalan Ir Soekarno, Surabaya. Selama ini penjualan komputer masih didominasi dari lelang e-katalog pemerintah, jika permintaan tak ada penjualannya pun turun. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jatim mengaku saat ini penjualan perangkat komputer menurun sebesar 25 persen dibandingkan bulan lalu.

Sekretaris Apkomindo Jatim Joko Suntoro mengatakan, penyebab penurunan ini di antaranya tidak adanya pengadaan barang komputer dari pemerintah melalui e-katalog.

"Nah, proyek pengadaan barang komputer lewat e-katalog saat ini belum merata. Hanya diisi 5 sampai 10 pelaku saja. Sedangkan di Jatim ini, pelaku usahanya banyak mencapai ribuan. Namun, di e-katalog yang terserap masih sedikit, belum semua," jelasnya di Surabaya, Selasa (27/11).

Menurutnya, dari total penjualan perangkat komputer, memang sebesar 60 – 70 persen merupakan kontribusi pengadaan barang dari e-katalog. Sedangkan sisanya berasal dari masyarakat umum dan pelanggan swasta. "Maka dari itu, kami berharap pengadaan barang terutama komputer dari e-katalog ini bisa merata. Karena kalau tidak, imbasnya ke penjualan makin turun," katanya.

Belum lagi, adanya penjualan komputer secara online yang juga dinilainya memberikan imbas tersendiri. "Penjualan online itu sangat berpengaruh juga. Di situ kan banyak promo yang diberikan. Sementara kami, tidak seperti itu," tambahnya.

Meski demikian, pihaknya berharap tahun depan pemerintah bisa menyalurkan proyek pengadaan komputer lebih merata lagi. Dengan begitu, diharapkan omzet penjualan komputer dapat meningkat setidaknya 10 – 15 persen. (cin/nur)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia