Selasa, 20 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Korsleting, Bengkel Las Ludes Dilalap Api

29 November 2018, 12: 51: 10 WIB | editor : Wijayanto

DIPADAMKAN: Petugas PMK Kabupaten Gresik berusaha memadamkan api dengan penyemprotan air.

DIPADAMKAN: Petugas PMK Kabupaten Gresik berusaha memadamkan api dengan penyemprotan air. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Sebuah bengkel Las Bubut di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas ludes dilalap api, Kamis pagi (29/11).

Api yang diduga berasal dari hubungan arus pendek atau korseleting tersebut membuat bengkel dan isinya ludes terbakar.

Kendati demikian, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran ini. Sementara kerugain materiil ditaksir mencapai Rp 30 juta.

Menurut Arifin, saksi mata warga Jalan dr Wahidin Sudirohusodo, api muncul sekitar pukul 09.30, Kamis pagi.

"Api pertama kali terlihat di ruangan las bagian depan. Diduga karena banyak tinner sehingga api dengan cepat menjalar ke bagian belakang bengkel," kata dia.

Saat api muncul, ada kegiatan pengelasan di dalam bengkel. Begitu api muncul, pekerja las berteriak kebakaran ke arah warga. 

"Saat kebakaran saya sedang ngopi di warung sebelah. Begitu melihat api pekerja bengkel berteriak minta tolong ada kebakaran," ujarnya.

Dikatakan, akibat kejadian ini bangunan rumah dengan luas sekitar 7x9 meter itu ludes. Bahkan atap bangunan langsung ambruk begitu tersambar api.

"Tidak banyak alat-alat perbengkelan yang bisa diselamatkan. Semua hangus dilalap api," imbuhnya.

Untuk memadamkan api, sedikitnya 4 mobil PMK Kabupaten Gresik dikerahkan ke lokasi kejadian. Setelah berjuang selama hampir 1 jam, api baru berhasil dipadamkan.

Kasie PMK Dinas Satpol PP Pemkab Gresik, Eka Prapangasta membenarkan kejadian tersebut. Untuk menjinakkan api sedikitnya dia mengerahkan 4 unit mobil PMK.

"Untuk penyebab kebakaran berdasarkan informasi yang kami himpun diakibatkan percikan api las. Tapi untuk kepastiannya menunggu hasil penyelidikan polisi saja," kata Eka.

Kapolsek Kebomas, Kompol Rony Soebianto mengungkapkan, pihaknya sudah memeriksa TKP untuk pengamanan.

Sementara untuk mencari penyebab kebakaran, pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi mata. "Kita tunggu saja hasil pemeriksaan saksi yang dilakukan penyidik," jelas Kapolsek Kebomas.  (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia