Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Gresik

Cak Izzudin dan Yuk Adhelia Jadi Duta Wisata Gresik

26 November 2018, 18: 14: 12 WIB | editor : Wijayanto

MENANG: Wabup Qosim bersama Cak M. Izzudin dan Yuk Adhelia Ayu Wandha pemenang pemilihan Duta Wisata Kabupaten Gresik di Gedung WEP, kemarin.

MENANG: Wabup Qosim bersama Cak M. Izzudin dan Yuk Adhelia Ayu Wandha pemenang pemilihan Duta Wisata Kabupaten Gresik di Gedung WEP, kemarin. (FAJAR YULI YANTO/RADAR GRESIK)

SURABAYA - Malam grand final pemilihan duta wisata Cak Yuk Gresik (CYG) akhirnya menobatkan dua pemenang yakni, Cak M. Izzudin dan Yuk Adhelia Ayu Wandha. Keduanya tampil memukau dewan juri dalam pemilihan yang berlangsung di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) II, Sabtu malam.

Perhelatan malam Grand final Cak Yuk Gresik 2018 berlangsung meriah dan dihadiri Wakil Bupati Gresik, Moch Qosim serta Kadisparbud, Mighfar Syukur. Suasana gedung olah raga WEP II disulap menjadi istana Giri tempoe doloe dengan mengusung tema Brug de Grissee. Panitia mendesain panggung seperti kejayaan pelabuhan era Nyai Ageng Pinatih.

Selain pejabat, keluarga finalis, suporter dan masyarakat, acara tersebut dihadiri perwakilan duta wisata dari kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur. Bahkan tamu dari Jateng hadir, yakni Kakang Mbekayu Banjarnegara.

Kontes diawali dengan koreografi atau tari tarian yang diperagakan ke-15 pasang semifinalis. Setelah itu, juri mengerucutkan finalis menjadi lima pasang. Kelima pasangan finalis ini diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Kadis Pariwisata dan Budaya, Mighfar Syukur, Kadis Pendidikan, Mahin. Kemudian Kasatpol PP Abu Hasan, serta dari Polres Gresik.

Akhirnya setelah melalui babak penentuan, dewan juri mengumumkan pilihannya Cak Yuk Gresik 2018 jatuh pada Cak M Izzudin dan Yuk Adhelia Ayu Wandha. Keduanya dinilai memiliki bobot nilai lebih dalam pagaleran serta aktfitas selama mengikuti karantina Cak Yuk Gresik.

Sementara pemenang lainnya juga terpilih, masing-masing Cak Alif Sultan dan Yuk Anggita Maulina, sebagai Wakil I. kemudian Cak Yuk FavoritAghdinal Brilliant Andrew dan Melinda Fujiana. Sementara itu Cak Abyan Muhammad A dan Yuk Rosyidatul Aini menjadi Cak Yuk Persahabatan. Cak Inspiratif diraih oleh pasangan : Cak Adam Aditya S dan Yuk Enggar Kharisma. Serta terakhir Cak Alessandro Krisna dan Yuk Nadya Ariani sebagai Cak Yuk Berbakat.

Wakil Bupati Gresik moch Qosim dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik yang telah menyelenggarakan acara ini. Wabup memberi harapan kepada finalis agar mampu menjadi duta wisata yang handal serta kelak menjadi pemimpin negeri ini.

"Menjadi duta wisata belajar bukan hanya soal wisata dan budaya, namun juga menjadi pemimpin. Bagi yang belum berhasil tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses” ujar beliau.

Sementara itu juara Cak Yuk Gresik 2018 merupakan sesama alumni SMAN 1 Manyar. Menurut Cak M Izzudin, dia tidak menyangka menjadi juara. “Saya sebenarnya tidak menyangka bisa juara. Begitu lolos saya berlatih dan berjuang untuk yang terbai," ujar Izzudin.

Hal senada disampaikan Adhelia. Menurutnya, dia tidak berpikiran menjadi juara. Sebab, untuk ikut acara Cak Yuk saja dia belum pernah mengikuti acara seperti ini. "Semoga tahun depan bisa menjadi Raka Raki Jatim," pungkas Yuk Adhelia. (jar/ris)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia