Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Tahun Ini, 102 Gedung Sekolah di Gresik Direhab

24 November 2018, 12: 01: 23 WIB | editor : Wijayanto

DIPERBAIKI: Sejumlah sekolah yang mengalami kerusakan ringan hingga berat mulai diperbaiki Dispendik Gresik.

DIPERBAIKI: Sejumlah sekolah yang mengalami kerusakan ringan hingga berat mulai diperbaiki Dispendik Gresik. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik terus melakukan perbaikan sejumlah sekolah yang kondisinya tidak layak operasional. Namun, karena jumlah sekolah yang harus diperbaiki mencapai ratusan, proses perbaikan dilakukan bertahap.

Kabid Manajemen Pendidikan Dispendik Suwono mengatakan, perbaikan sekolah akan dilakukan secara bertahap. Pada tahun 2018, ada 102 sekolah direhabilitasi dengan anggaran Rp 15,8 milliar. “Jumlahnya lumayan banyak jadi harus bertahap,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan.

Menurut dia, pada tahun 2019 piihaknya kembali mengajukan anggaran perbaikan. Namun belum bisa dipastikan berapa anggaran yang diberikan. “Saat ini jumlah sekolah yang perlu diperbaiki ada 878. Dan yang masuk kategori rusak berat jumlahnya 199,” ungkap dia.

Dikatakan, untuk proses akan melalui dua jalur. Ada yang dilelang dan ada yang  penunjukan langsung (PL). “Tergantung kebutuhan renovasi. Kalau kerusakannya berat maka perlu dilelang kalau tidak cukup dengan PL,” katanya.

Suwono mengaku, untuk saat ini pihaknya masih menyortir data sekolah yang masuk. Nantinya data tersebut akan diusulkan. Setelah disetujui, Dispendik baru akan survei ke s sekolah. “Dipastikan dulu anggarannya baru disurvei,”imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Gresik Hamzah Takim mengatakan untuk perbaikan sekolah akan dilakukan setiap tahun. Namun, pihaknya meminta Dispendik melakukan kategorisasi sekolah yang prioritas dan sekolah yang bisa menunggu tahun berikutnya. “Tidak bisa semuanya. Anggaran terbatas. Tapi kami usahakan semuanya bisa dilakukan perbaikan,” kata dia. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia