Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Kepincut Bule, Pemuda Ini Ajukan Ganti Kelamin

24 November 2018, 05: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (NET)

Share this      

SURABAYA - Pengadilan Negeri (PN) Surabaya kembali menjadi buah bibir. Lantaran lembaga hukum tengah ini menangani permohonan identitas ganti kelamin. Permohonan itu diajukan seorang laki-laki berusia 23 tahun asal Tuban. Dia ingin memiliki kelamin perempuan setelah kepincut dengan bule laki-laki yang ditemui di Bali.  

Saat dikonfirmasi, Humas Pengadilan Negeri Surabaya Sigit Sutriono membenarkan adanya pengajuan itu. Menurutnya sidang permohonan ganti kelamin tersebut ditangani oleh ketua majelis hakim Dede Suryaman dan hingga kini masih dalam tahap proses. “Rencananya, Selasa pekan depan akan diagendakan sidang putusan terkait pengajuan itu,” ungkap Sigit, Kamis (22/11).

Sigit mengatakan dalam putusannya, majelis hakim akan mempertimbangkan banyak aspek yang didapat dari keterangan ahli. Antara lain, kedokteran, tokoh agama dan juga psikiatri. Meski demekian, Sigit yang enggan menyebutkan nama pemohon tersebut memastikan jika pemohon sudah melakukan operasi ganti kelamin di Thailand. “Sekarang dia mengajukan identitas kelamin,” terangnya.

Menurut Sigit, sejauh ini tidak ada perundang-undangan yang mengatur pergantian identitas kelamin. Putusan pengadilan nanti bersifat inckrah dan sah mata hukum. Nantinya, jika sudah disetujui, maka semua dokumen menyangkut identitas pemohon dari sebelumnya berjenis kelamin laki-laki berubah menjadi perempuan. “Pemohon ini sebelumnya pernah bekerja di Bali dan bertemu dengan bule laki-laki (warga Skotlandia). Kemungkinan atas dasar itulah ia mengajukan permohonan ini,” ujar Sigit

Sigit juga menjelaskan, pengajuan ganti kelamin bukan kali pertama ditangani pengadilan. Sebab pada 2016 lalu, PN Surabaya juga pernah mengabulkan permohonan yang diajukan Mahasiswi ITB, Angelina Karuniata Kanan, menjadi laki-laki dan merubah namanya menjadi Andreas Alessandro Kaban.

Penetapan Angelina sebagai laki-laki itu diputuskan Hakim Matheus Samiaji, Rabu 27 Juli 2016 lalu. PN Surabaya di tahun 2018 ini juga pernah menerima permohonan ganti kelamin dari laki laki ke perempuan. Permohonan itu dikabulkan setelah melalui banyak pertimbangan dari beragam sudut pandang. (yua/rtn)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia