Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi

Industri Perkapalan dan Energi Terbarukan Kian Diminati

22 November 2018, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

INOVASI INDUSTRI: Pengunjung melihat beragam inovasi teknologi saat pameran INAMARINE, INAPA, INALIGHT dan SOLARTECH Surabaya 2018 di Grand City, Rabu

INOVASI INDUSTRI: Pengunjung melihat beragam inovasi teknologi saat pameran INAMARINE, INAPA, INALIGHT dan SOLARTECH Surabaya 2018 di Grand City, Rabu (21/11) (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan industri perkapalan, otomotif dan energi terbarukan membuat pameran INAMARINE, INAPA, INALIGHT dan SOLARTECH Surabaya 2018 kembali digelar. Direktur PT Global Expo Management (GEM Indonesia) selaku penyelenggara acara Baki Lee mengatakan, pameran yang digelar 21-23 November di Grand City Convention Hall ini bertujuan untuk mendorong industri perkapalan, otomotif dan energi terbarukan agar semakin bergairah dan produktif di tengah era globalisasi.

"Apalagi Surabaya sendiri dinilai sebagai kota terproduktif untuk industri perkapalan, otomotif, dan energi terbarukan," ujarnya di sela-sela pameran, Rabu (21/11).

Dengan penduduk melebihi 39 juta jiwa, lanjutnya, menjadikan Surabaya sebagai satu di antara kota yang memiliki pengaruh besar bagi kota lain di Indonesia.

"Banyaknya galangan kapal yang berlokasi di Surabaya dan adanya perhatian pemerintah dengan membangun tol-tol laut semakin mengukuhkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujarnya.

Selain perkapalan, industri otomotif di Surabaya pun, menurut Baki, memiliki kemajuan yang positif dalam angka penjualan. Hal ini dilihat dari kontribusi Jawa Timur yang berada di peringkat ketiga setelah Jawa Barat dan Jakarta atau sekitar 14 persen dari seluruh penjualan otomotif di Indonesia.

"Kontribusi ini mengakibatkan industri otomotif menjadi kunci utama dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim dengan penjualan kendaraan roda empat sebanyak 2,4 juta dan kendaraan roda dua sebanyak 6,3 juta," tambahnya.

Bukan hanya itu saja, menurutnya, Surabaya juga menunjukkan kemajuan di bidang energi terbarukan. "Pemerintah mulai memandang potensial Surabaya di bidang energi terbarukan karena adanya perbedaan yang mencapai 30 persen di tingkat radiasi tenaga surya dibandingkan Indonesia bagian barat," paparnya.

Kendati begitu, melalui pameran tersebut, pihaknya berharap GEM Indonesia dapat memberikan dukungan demi kemajuan industri nasional, khususnya untuk industri maritim, automotif dan solar panel. (cin/nur)

(sb/cin/jek/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia