Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Tes Seleksi CPNS 2018

Banyak yang Tidak Lolos SKD, BKD Gresik Pakai Sistem Ranking

21 November 2018, 16: 16: 54 WIB | editor : Wijayanto

ilustrasi

ilustrasi (DOK/RADAR GRESIK)

GRESIK – Masih ada harapan bagi para peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang tidak lolos seleksi kompetensi dasar (SKD). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Gresik telah diminta untuk melakukan simulasi ranking hasil tes SKD. Sehingga, selain yang lolos tes SKD, peserta yang tidak lolos asalkan nilainya tinggi masih ada kemungkinan bisa maju ke tahap selanjutnya.

Ada dua system ranking yang disiapkan BKD Kabupaten Gresik. Pertama, yakni meranking peserta untuk setiap formasi yang kuotanya tidak terpenuhi. Kedua dengan meranking peserta untuk setiap penempatan jabatan.

Kepala Bidang Informasi, Data dan Pengembangan Pegawai BKD Gresik Reza Pahlevi mengatakan memang dari hasil rapat koordinasi (rakor) pemerintah pusat meminta agar disiapkan perankingan hasil tes SKD. "Kalau untuk penurunan passing grade sudah dipastikan tidak akan dilakukan,” ujarnya.

Menurut dia, karena intruksi dari pusat juga belum ada kejelasan terkait model perankingan hasil tes SKD, maka pihaknya menyiapkan dua simulasi. Sehingga, nanti setelah intruksi turun, pihaknya bisa langsung menyerahkannya kepada pusat. “Kalau dari pusat, batas akhir penyerahan system ranking tersebut pada 21 November mendatang. Makanya sekarang kami sudah siap-siap,” ungkap dia.

Dikatakan, untuk pengumuman peserta yang bisa melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) bakal dilakukan panitia seleksi nasional (panselnas) melalui website resmi mereka. Sehingga, pagai para pelamar dipersilahkan memantau pengumuman tersebut. “Bukan kami yang mengumumkan, tapi panselnas pusat,” terangnya.

Sekedar diketahui, dari total peserta yang mencapai 10 ribu orang lebih. Hanya 460 yang melebihi passing grade. Padahal, lowongan yang dibuka ada 475. Tidak sampai 5 persen peserta yang lolos dan jumlahnya di bawah kuota yang dibutuhkan. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia