Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment

Catatan Usai Hajar Bali United, Persebaya Tim Paling Subur

20 November 2018, 06: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

HAUS GOL: David Da Silva (kanan) dan kolega kini semakin haus gol di penghujung kompetisi Liga 1.

HAUS GOL: David Da Silva (kanan) dan kolega kini semakin haus gol di penghujung kompetisi Liga 1. (Liga Indonesia)

Surabaya - Usai menghajar tuan rumah Bali United 5-2, Minggu (18/11), Persebaya Surabaya  menjadi tim paling subur di Liga 1 2018. Lima gol ke gawang Bali United membuat Skuad Green Force o menjadi satu-satunya tim Liga 1 yang mengoleksi lebih dari 50 gol. 

Dalam laga itu, David Da Silva tampil sip dengan membuat hat-trick. Dua gol Persebaya lainnya diciptakan oleh Osvaldo Haay.  Tiga gol itu membuat Da Silva menjadi topskorer sementara Liga 1 2018. Dia mengoleksi 20 gol atau hampir sepertiga koleksi gol Persebaya. 

Tambahan tiga angka itu membuat Persebaya meroket ke papan tengah, dengan menghuni urutan ketujuh di papan klasemen Liga 1. Mereka mengantongi 44 poin dari 31 laga yang dilakoni.

Istimewanya, Persebaya mencetak 58 gol, menjadi satu-satunya tim yang berhasil mengoleksi lebih dari 50 gol sampai saat ini. Mereka pun menjadi tim dengan produktivitas tertinggi di Liga 1 dengan surplus 14 gol. Kemudian diikuti Persija Jakarta (+11 gol) dan Persib (+8 gol) 

Koleksi gol itu didulang dengan gaya dalam beberapa laga belakangan ini. Mereka berhasil menundukkan tim-tim papan atas saat sempat amat dekat dengan zona degradasi. PSM Makassar dengan kemenangan 3-0, Persija (3-0), dan Persib (4-1) menjadi korban mereka. 

"Bagi saya apa yang dicapai oleh Persebaya ini luar biasa. Di penghujung musim ini selalu mencetak minimal tiga gol," tegas Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya, dalam situs resmi klub. 

"Kami tidak ada target mencetak berapa gol lagi hingga akhir musim. Yang pasti kami akan berusaha jangan sampai kalah hingga akhir kompetisi," tambah Djanur, sapaan akrab Djajang Nurjaman. 

Torehan 58 gol Green Force musim ini sama dengan raihan Madura United di Liga 1 2017 lalu. Bahkan, capaian Persebaya melampaui gol musim lalu di Liga 2 yang menyentuh angka 52 dari 25 pertandingan.

Persebaya tetap produktif kendati sempat tidak diperkuat oleh David Aparecido da Silva. Cedera membuat koleksi gol pemain asal Brasil itu terhenti di angka 16. Mesinnya baru panas ketika mencetak satu gol saat Persebaya menang 3-0 dari PSM Makassar.

Kembalinya David da Silva memang menambah daya gedor Persebaya. Namun demikian, tanpa Da Silva, pemain tengah kadang kala ada yang mencetak gol. Hingga saat ini, ada 16 pemain Persebaya berbeda yang cetak gol dan 14 pemain berbeda menyumbangkan asisst.(sam/psby/rak)

(sb/sam/jek/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia