Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Mblasak Mblusuk Sejarah Ajak Tour ke Tempat Ikonik

19 November 2018, 16: 46: 58 WIB | editor : Wijayanto

DOKUMENTASI: Peserta melihat koleksi foto di Museum Dr. Soetomo.

DOKUMENTASI: Peserta melihat koleksi foto di Museum Dr. Soetomo. (GATRA DHARMAWAN/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Masih dalam semangat memperingati Hari Pahlawan, sekitar 50 orang yang terdiri dari pelajar hingga orang tua, melakukan tour yang bertajuk Mblasak Mblusuk Sejarah. Bahkan, beberapa peserta dalam tour tersebut, banyak yang berasal dari luar Surabaya.

Tour tersebut dimulai dari Museum Dr. Soetomo Surabaya menuju ke beberapa tempat, seperti Tugu Pahlawan, Makam Sedo Masjid, Gereja Immanuel, Gedung Nahrain, Gedung Hoofdbestuur dan berakhir di titik awal tour dimulai.

Salah satu panitia, Lutfi Indrajaya mengatakan, dalam tour Mblasak Mblusuk Sejarah peserta diajak mengunjungi tempat-tempat di bersejarah dan menjadi saksi perjuangan arek-arek Suroboyo. Mereka juga diberi pengetahuan di setiap tempatnya. Tujuannya, agar masyarakat paham, tempat-tempat saksi perjuangan ketika peristiwa 10 November 1945.

“Upaya kami untuk mengingatkan kembali, kenapa Surabaya mempunyai sebutan Kota Pahlawan,” jelas Luthfi.

Salah satu peserta asal Tuban, Namira Choirani, antusias mengikuti tour tersebut. Meskipun dirinya merupakan mahasiswa di salah satu kampus negeri di Surabaya, banyak tempat bersejarah di Surabaya yang belum pernah dikunjungi.

“Padahal saya sudah lama di Surabaya, jadi mahasiswa. Tapi belum pernah ke tempat ini (Museum Dr. Soetomo),” jelas Namira.

Meskipun terik matahari menyengat kulit, tidak mengurangi antusias Namira. Pasalnya, dirinya sudah sejak lama ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Surabaya. Tapi baru kali ini keinginannya tersebut dapat terpenuhi.

“Udah lama ingin keliling ke tempat-tempat bersejarah. Tapi selalu nggak ada temannya,” kata gadis kelahiran 1995 tersebut. (tra/nur)

(sb/tar/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia