Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Dilanjut, Stadion Gelora Joko Samudro Dapat Tambahan Rp 3 M

19 November 2018, 16: 13: 05 WIB | editor : Wijayanto

SIDAK: Komisi III DPRD Kabupaten Gresik saat melihat kondisi pembangunan lapangan rumput di stadion Gejos beberapa waktu lalu.

SIDAK: Komisi III DPRD Kabupaten Gresik saat melihat kondisi pembangunan lapangan rumput di stadion Gejos beberapa waktu lalu. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pembangunan Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) bakal dikembali dilanjutkan. Meski tertatih-tatih, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik terus menggelontorkan anggaran. Tahun depan, pemerintah kembali menyiapkan anggaran Rp 3 miliar.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, pembangunan stadion Gejos yang dilakukan sejak 2014 lalu telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 276 miliar. Padahal, kebutuhan anggaran untuk dapat menyelesaikan pembangunan stadion sesuai perencanaan awal mencapai Rp 850 miliar.

Pemerintah kabupaten sebenarnya telah berusaha mengusulkan bantuan pembangunan stadion kepada pemerintah pusat pada 2016 lalu. Namun, hingga kini belum berhasil terealisasi. Untuk menambal kekurangan anggaran, pemerintah akhirnya menggunakan APBD dengan nominal yang cukup kecil pertahunnya.

Pada tahun 2017, pemerintah mengucurkan anggaran Rp 9,1 miliar. Kemudian, pada tahun 2018 pemerintah kembali mengucurkan anggaran Rp 21 miliar. “Untuk tahun 2019 ada tambahan anggaran untuk Gejos sebesar Rp 3 miliar,” ujar Ketua Komisi III DPRD Gresik Asroin Widiana.

Dikatakan, untuk tahun 2018 anggaran sebesar Rp 21 miliar digunakan membangun lintasan atletik dan mempercantik bagian dalam stadion. Untuk tahun depan, anggaran sebesar Rp 3 miliar tersebut digunakan membangun fasilitas yang ada di depan stadion. “Iya untuk bagian depan stadion,” ungkap dia.

Ditambahkan, memang untuk menyelesaikan pembangunan stadion Gejos sesuai perencanaan awal membutuhkan waktu yang cukup panjang. Sebab, anggaran yang telah dikeluarkan belum ada separo dari total kebutuhan. “Awalnya direncanakan ada pengajuan ke pusat. Namun, belum terealisasi,” imbuh dia.

Sebelumnya, Sekretaris Dispora Gresik Agus Setyo Pambudi mengatakan memang untuk tahun depan ada usulan pembangunan bagian depan stadion. Namun, untuk anggaran yang diberikan berapa pihaknya tidak tahu pasti. “Kalau tahun ini memang fokus di dalam stadion. Di luar belum,” katanya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia