Senin, 20 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Disergap di Tol Sumo, Dua Kurir Gagal Bawa 2,2 Kg Sabu Aceh ke Jatim

19 November 2018, 15: 16: 07 WIB | editor : Wijayanto

DICEGAT DI TOL: Suasana penyergapan dua bandar sabu di tengah Tol Sumo wilayah Mojokerto oleh tim BNNP Jatim.

DICEGAT DI TOL: Suasana penyergapan dua bandar sabu di tengah Tol Sumo wilayah Mojokerto oleh tim BNNP Jatim. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Arus lalu lintas di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sempat terhambat, Minggu pagi (18/11). Hal itu karena adanya penyergapan kurir narkoba oleh tim Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim di tengah tol tersebut.

Penyergapan kurir yang menaiki mobil Toyota Innova itu mengamankan barang bukti berupa 2,2 kilogram sabu-sabu (SS) dan dua orang tersangka. Mereka adalah Zulfadli, 33, asal Sukabumi, Jawa Barat; dan Endra, 37, warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Keduanya ditangkap saat hendak mengirim SS dari Aceh ke Jatim melalui jalur darat. Keduanya selama ini menjadi target operasi BNNP berdasarkan hasil pengembangan dari seorang bandar yang sebelumnya ditangkap di Mojokerto.

"Kedua tersangka merupakan jaringan Aceh. Barang dikirim melalui jalur darat dan transit terlebih dahulu di Jakarta. Rencannya, SS tersebut akan dibawa ke Jatim," terang Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Budi Santoso, Senin (19/11).

Bambang mengatakan, proses penangkapan sengaja dilakukan di tengah jalan Tol Sumo. Hal ini untuk menghindari timnya kehilangan jejak saat membuntuti para tersangka. Bahkan, tim memakai dua mobil untuk menghadang laju mobil Innova yang dinaiki para tersangka.

"Kami potong laju kendaraan para tersangka. Setelah itu, kami mengepung dan menyeret dua tersangka untuk kami amankan," terangnya. Saat digeledah, petugas menemukan SS seberat 2,2 kg yang disembunyikan di tas cangklong warna hitam di bawah jok penumpang.

Selain menyita SS, lima unit telepon genggam dan mobil Innova milik para pelaku ikut disita. "Kami masih dalami peran kedua tersangka," tandas Bambang. (yua/jay)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia