Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Akhir Tahun, Saham Mamin Diburu Investor

19 November 2018, 14: 42: 48 WIB | editor : Wijayanto

PANTAU: Salah satu pengusaha melihat perkembangan saham mamin di Gresik.

PANTAU: Salah satu pengusaha melihat perkembangan saham mamin di Gresik. (ISTIMEWA)

GRESIK - Pelaku pasar modal di Gresik rajin memburu saham perusahaan makanan dan minuman dibandingkan manufaktur atau mineral dan gas. Alasannya, emiten makanan ringan ini punya prospek bisnis yang masih cukup tinggi di tengah melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.
Analis Pasar Modal, Firdaus Indrajaya Tuharea mengatakan, berdasarkan pengamatannya beberapa hari terakhir bahkan saham salah satu perusahaan mamin di Gresik yakni PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) banyak diburu oleh investor asing. “Berdasarkan catatan saya bahkan investor asing memburu saham Garudafood sebesar Rp 633,11 miliar. Hal ini otomatis menjadi magnet tersendiri bagi investor lokal untuk mengikutinya,” ujarnya.
Dijelaskan, pihaknya melihat investor asing memborong emiten mamin karena melihat prospek sahamnya. Emiten makanan ringan ini punya prospek bisnis yang masih cukup tinggi karena termasuk salah satu pemain utama di pasar Indonesia. “Ditambah lagi banyak perusahaan mamin pada tahun depan juga berencana untuk meningkatkan kapasitas produksinya dengan menambah pabrik baru,” kata Indra.
Sementara itu, Analis Relliance, Mahmudi menilai saham mamin jadi buruan asing belakangan ini lantaran harganya berada di area bottom. "Harga sudah di level bottom dan potensi kenaikan harganya tinggi," katanya.
Sementara untuk saham emiten mineral, Machmudi merekomendasikan, investor sebaiknya wait and see lebih dulu. Pertimbangannya, saat ini kurs dollar Amerika Serikat (AS) masih tinggi. “Saham yang saat ini banyak diburu investor asing layak masuk portofolio investasi. Investor lokal yang belum masuk masih belum terlambat untuk ikut membeli saham-saham tersebut,” tandasnya. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia