Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Kapal Tanpa Awak PPNS Siap Tanding di Ajang Nasional

17 November 2018, 14: 01: 56 WIB | editor : Wijayanto

SIAP TANDING: Kapal tanpa awak yang siap dipertandingkan. Ahmad Faris (kiri) mahasiswa semester V Teknik Otomasi sekaligus programer kapal Aeroships tengah melakukan pemrograman kapal persiapan lomba, Jumat (16/11).

SIAP TANDING: Kapal tanpa awak yang siap dipertandingkan. Ahmad Faris (kiri) mahasiswa semester V Teknik Otomasi sekaligus programer kapal Aeroships tengah melakukan pemrograman kapal persiapan lomba, Jumat (16/11). (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA -  Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) siap tampil all out dalam ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018 di Sampang, Madura. PPNS akan mengirimkan tiga timnya yang diberi nama AERO SHIPS.

Ada kategori yang dilombakan yakni autonomous surface vehicle (identifikasi warna), tim sianida research vessel pada kategori electric remote control, dan Surasena 5 pada kategori fuel engine.

Dalam percobaan terakhir sebelum berlomba, kapal Aeroships dan sianida Research Vessel  melenggang dengan mulus di lintasan tanpa menabrak. Sedangkan untuk Surasena, sempat mengalami trouble pada engine, akhirnya dapat melakukan latihan.

Dosen pembimbing Tim PPNS, Noorman Rinanto menjelaskan kapal aeroships ini senagaja didesain berbody ramping agar dapat bergerak cepat saat bergerak di air.

“Semakin ramping body kapal, semakin cepat dan semakin lincah bermanuver. Itulah kenapa desain kapal masing-masing berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan tiap kategori,” katanya, Jumat (16/11).

Direktur PPNS, Eko Julianto, menambahkan sebelum berangkat ke Sampang. Dirinya mengatakan, persiapan tim ini tidak hanya ketika akan ada lomba, tapi di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) senantiasa menyiapkan sepanjang tahun.

“Mereka ini punya inisiatif sendiri menungkan idenya, jadi persiapannya sudah sejak lama, dan hampir tiap hari selalu berinovasi. Ada atau tidak ada lomba mereka terus berinovasi,” ungkap Eko.

KKCTBN Tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 17-20 November 2018 di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI)/Instalasi Pelabuhan Dan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan (IP2SKP) Camplong, Kabupaten Sampang. (gin/rud)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia