Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya
Insiden Drama Kolosal Surabaya Membara

Ada Insiden, Acara Tetap Digelar Sampai Rampung

Ketua Panitia: Saya Sudah Peringatkan Penonton

10 November 2018, 00: 10: 00 WIB | editor : Wijayanto

NAHAS: Petugas mengevakuasi salah satu korban tewas terlindas kereta dalam insiden di viaduk Jalan Pahlawan.

NAHAS: Petugas mengevakuasi salah satu korban tewas terlindas kereta dalam insiden di viaduk Jalan Pahlawan. (ISTIMEWA)

SURABAYA – Meski diwarnai insiden meninggalnya tiga orang korban dan sekitar 14 orang dilaporkan luka-luka akibat jatuhnya para penonton dari viaduk Jalan Pahlawan karena tertabrak kereta api, namun panitia memutuskan acara drama kolosal Surabaya Membara yang digelar dalam rangka Hari Pahlawan 10 November 2018 itu tetap dilangsungkan sampai selesai.

Namun, acara yang sedianya digelar selama 60 menit itu diperpendek menjadi sekitar 40 menit sampai sekitar pukul 21.30 WIB.

Atas insiden itu, Ketua Panitia Surabaya Membara, M Taufik Hidayat alias Taufik Monyong menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi di luar kendalinya dan panitia. Ia juga mengaku sudah memperingatkan penonton yang ada di viaduk berkali-kali lewat pengeras suara.

"Ini berada di luar jalur pantauan kita. Apalagi sampai ke arah Pasar Turi. Kami juga sudah mengimbau berkali-kali agar tidak memanjat ke gedung gubernur atau viaduk. Sebelum acara dimulai dengan sound system kami ingatkan. Tapi mereka hanya mengangkat jempol tangan," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa acara yang rencananya berlangsung selama 60 menit, dengan adanya insiden tersebut, maka durasi pementasan drama kolosal Surabaya Membara dipangkas menjadi 40 menit.

Taufik juga mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya kepada korban. Untuk itu, ia berencana mendatangi keluarga korban setelah acara selesai. "Nanti saya kroscek ke rumah sakit atau ke rumah duka," tutupnya.

Seperti diketahui, drama kolosal Surabaya Membara diwarnai dengan insiden kecelakaan jatuhnya belasan penonton dari atas viaduk Jalan Pahlawan. Drama kolosal dengan tema Gubernur Suryo ini disaksikan ribuan penonton.

Dua jenazah dilaporkan meninggal dunia saat menonton drama kolosal Surabaya Membara telah dievakuasi ke RSU Dr Soetomo. Satu jenazah sudah teridentifikasi bernama Erikawati, 9, warga Jalan Kalimas Barat nomor 61, Surabaya. Sementara satu korban lagi laki-laki (Mr X) masih belum teridentifikasi hingga pukul 21.50.
 
Hingga saat ini diduga ada 14 orang yang menjadi korban dalam insiden ini. Dua korban meninggal dunia dievakuasi ke kamar mayat RSU Dr Soetomo. Sementara 14 korban dievakuasi ke RSUD Dr Soewandi dan RS PHC Perak. (gin/gun/jay)

(sb/gun/gin/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia