Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Banyak yang Pensiun, Sekda Isyaratkan Mutasi Kadis

Jumat, 09 Nov 2018 09:29 | editor : Wijayanto

Sekda Ahmad Zaini

Sekda Ahmad Zaini (DOK/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO – Sejumlah pejabat eselon dua dan tiga di lingkup Pemkab Sidoarjo bakal dimutasi dalam waktu dekat. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sidoarjo Achmad Zaini memberikan isyarat jika pergeseran posisi jabatan tersebut akan segera digulirkan.

Zaini mengungkapkan, pada akhir 2018 ini direncanakan ada pergeseran pejabat untuk menempati pos baru. Mutasi tersebut dilakukan agar ada penyegaran dan semangat baru di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Untuk eselon III kami rencanakan tahun ini (2018) dilakukan (mutasi),” katanya, Kamis (8/11).

Bagaimana dengan eselon dua? Mantan Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) ini menegaskan, jabatan setingkat kepala dinas (kadis) itu juga butuh penyegaran. Paling tidak hal tersebut dilakukan pada awal 2019. “Nanti akan saya usulkan dulu ke Pak Bupati karena hak prerogratif beliau,” terangnya.

Zaini mengungkapkan, mutasi tersebut juga dilakukan untuk mengisi dua jabatan kepala OPD yang saat ini lowong. Yakni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja.

Selain mutasi, juga akan dilakukan promosi untuk mengisi jabatan eselon dua tersebut. “Pasti akan kita lakukan dan bentuk panitia secepatnya,” ujarnya.

Zaini mengaku sudah memiliki catatan kinerja masing-masing OPD untuk menentukan posisi jabatan yang baru. Kepala OPD yang sudah menduduki jabatan yang lama juga akan diprioritaskan untuk digeser. Ini untuk menunjang kinerja aparatur sipil negara (ASN) yang menjadi pegawainya. “Harus ada pergeseran sudah waktunya,” tegasnya.

Zaini menolak jika mutasi eselon dua dilakukan sambil menunggu kepala OPD yang akan pensiun. Dia menyatakan, jika mutasi dilakukan karena kebutuhan yang mendesak. “Tidak bisa menunggu terlalu lama. Akan saya sampaikan ke Pak Bupati secepatnya,” ujarnya.

Meski sudah diusulkan, Zaini menambahkan, keputusan berada di tangan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Karena itu, dirinya akan berkoordinasi dengan Badan Kepegawain Daerah untuk menyampaikan draf mutasi ke bupati.

Rencana mutasi pejabat eselon dua dan tiga ini antara lain karena banyaknya pejabat yang memasuki persiapan pensiun dan meninggal dunia. Diperkirakan, ada sembilan pejabat yang akan melepaskan jabatannya untuk diisi pejabat baru.

Kepala dinas (setingkat) yang akan pensiun di antaranya Kepala Bapekab Agoes Tjahjono, Asisten III Kissowo, Kadis Perikanan M Soleh, Kadis Pertanian/Ketahanan Pangan Handayani, Plt Kadis DLHK Toriqudin, hingga staf ahli Fauzi Isfandiari. Kadisnaker Husni Thamrin meninggal dunia.

Para pejabat ini bakal purnabakti per 1 Januari 2019. Saat ini tidak mudah mencari pengganti jabatan eselon dua. Ada satu staf ahli yang mantan kadiknas, Mustain, dengan golongan eselon dua. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia