Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

7.800 Kotak Suara Kardus Tiba di KPU Sidoarjo

Selasa, 06 Nov 2018 14:09 | editor : Wijayanto

KAWAL: Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin.

KAWAL: Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin. (VEGA DWI ARISTA/RADAR SURABAYA)

SIDOARJO - Meski pemilu masih akan dilaksanakan pada 17 April 2019, kotak suara berbahan kardus mulai tiba di Sidoarjo. Sebanyak 7.800 kotak suara itu langsung dimasukkan ke gudang milik KPU Sidoarjo di Jalan Raya Cemengkalang, Sidoarjo.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin dan Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman mengecek langsung kotak suara yang datang pada hari itu juga. "Kami ingin pastikan kotak suara yang dikirim itu kondisinya baik," kata Zainal, Senin (5/11).

Kotak suara itu diangkut menggunakan truk. Masing-masing berisi 2.600 kotak suara. Pada Pemilu 2019, menurut Zainal, KPU Kabupaten Sidoarjo mendapatkan 28 ribu kotak suara. Nantinya didistribusikan ke 5.579 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di seluruh Kabupaten Sidoarjo.

Setiap TPS akan mendapatkan lima kotak suara. Yakni surat suara DPRD Sidoarjo, DPRD Jatim, DPR RI, DPD, dan surat suara presiden dan wakil presiden. Meski pelaksanaan pemilu tahun depan agak ruwet dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya, Zainal optimistis KPU Sidoarjo bersama jajarannya hingga ke desa/kelurahan mampu melaksanakan dengan baik.

"Kita sudah terbiasa menyelenggarakan pemilu sejak era reformasi. Pada prinsipnya sebenarnya sama saja. Cuma teknisnya agak berbeda karena selalu ada penyesuaian di sana-sini," katanya.

Sementara itu, upaya sosialisasi pada pemilih terus dilakukan jajaran KPU Sidoarjo. Selain sosialisasi di kalangan pelajar, KPU menghadiri pertemuan yang dilakukan warga Desa Entalsewu, Kecamatan Buduran.

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Sidoarjo Mokhammad Iskak menyampaikan materi tentang Pemilu 2019. Terutama terkait syarat-syarat menjadi pemilih. Di hadapan pengurus RW dan RT Desa Entalsewu,

Iskak juga mengajak warga untuk mengecek daftar pemilih tetap (DPT). "Saya ajak masyarakat menjadi pemilih yang aktif. Jangan golput ketika hari pemungutan suara tiba," katanya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia