Selasa, 17 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik
Operasi Zebra Semeru Polres Gresik

Tiga Hari Tilang 1.000 Pengendara Ranmor

02 November 2018, 17: 20: 23 WIB | editor : Wijayanto

TEJARING RAZIA : Ribuan kendaraan bermotor terjaring Razia Operasi Zebra Semeru 2018 Satlantas Polres Gresik.

TEJARING RAZIA : Ribuan kendaraan bermotor terjaring Razia Operasi Zebra Semeru 2018 Satlantas Polres Gresik. (YUDHI DWI ANGGOROI/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Penindakan pelanggaran lalu lintas di Gresik dalam operasi Zebra Semeru 2018 difokuskan pada anak bawah umur atau pelajar yang belum memiliki SIM. Ini karena sebagian korban kecelakaan lalu lintas adalah pelajar yang tidak memiliki SIM atau belum cukup umur namun sudah diizinkan mengendarai kendaraan bermotor.

Kasat Lantas Polres Gresik, AKP Wikha Ardilestianto menjelaskan, jumlah pelanggar lalu lintas tahun ini meningkat dibanding tahun lalu.

Mayoritas mereka yang melanggar karena tidak memiliki SIM, berkendara melebihi kecepatan,pengedara roda empat yang tidak memaki sabuk pengaman, pengendara melawan arus dan tidak memakai helm.

“Pengendara kebanyakan tidak memiliki SIM, tidak membawa STNK serta melanggar rambu dan marka jalan. Selama tiga hari ini, terjadi lonjakan dua kali lipat pelanggaran dari tahun lalu,” kata AKP Wikha didampingi Kanit Patroli, Ipda Suryono.

Dikatakan, dari ratusan pengendara yang ditilang, sebagian merupakan pengendara di bawah umur yang tidak memiliki SIM. Anak di bawah umur kebanyakan dari pelajar yang hendak berangkat sekolah dengan sepeda motor namun banyak yang tidak memiliki SIM.

“Banyak juga pelajar yang kena tilang. Tapi datanya belum bisa dilihat karena masih jadi satu dengan pelanggar yang lain,” sebut mantan Kasatlantas Polres Mojokerto ini.

Ditambahkan, Operasi Zebra Semeru ini adalah operasi yang mengedepankan penindakan. Operasi ini bertujuan menekan tingginya kecelakaan lalu lintas yang dimulai dari pelanggaran berlalu lintas.

"Selama tiga hari operasi Zebra, petugas berhasil menindak sebanyak 1000 pengendara yang kita tilang,” imbuhnya. (yud/jay)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia