Jumat, 23 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Anggaran Rp 125 M untuk RSUD Barat

27 Oktober 2018, 06: 10: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

Lahan yang akan dibangun RSUD di Krian.

Lahan yang akan dibangun RSUD di Krian. (IST)

Share this      

Polemik panjang seputar mekanisme pembangunan RSUD Sidoarjo Barat sudah mengerucut. Tim anggaran (timgar) dan badan anggaran (banggar) memutuskan memasukkan anggaran Rp 125 miliar untuk membangun rumah sakit tipe C di Krian. 

Kepastian tersebut, akan tertuang dalam rapat paripurna pengesahan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) yang dilaksanakan pada Senin (29/10). “Ya sudah disepakati ada anggaran APBD untuk RSUD Barat,” kata sumber di DPRD Sidoarjo. 

Namun, anggota Banggar Usman mengaku mekanisme Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) masih akan ditawarkan usai pengesahan KUAPPAS. Nantinya dalam pembahasan RAPBD 2019, akan diusukan tawaran untuk kembali mengajukan KPBU. “Jadi, KPBU tidak ditolak dan masih ada peluang tersebut,” katanya. 

Dia mengungkapkan, akomodasi anggaran Rp 125 miliar dalam APBD tersebut agar ada kesepakatan KUAPPAS segera disahkan. Pertimbangannya, tidak ada kemoloran sehingga tidak ada program terbengkalai. “Tapi tidak ada pencoretan KPBU,” terangnya. 

Menurut Usman, sistem KPBU untuk membangun RSUD Barat di Tambak Kemerakan, Krian, tetap jadi prioritas. Namun, nantinya akan dibahas dalam RAPBD 2019 agar tetap ada peluang untuk KPBU. “Nanti kita ajukan lagi,” tegasnya. 

Hal yang sama diutarakan Dhamroni Clludhori. Dia mengaku jika KPBU tetap akan diajukan dalam usulan pembahasan RAPBD 2019. “Karena keuntungannya sangat banyak,” ujarnya. 

(sb/vga/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia