Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Pengedar 10 Ribu Pil Koplo Divonis 5 Tahun

23 Oktober 2018, 07: 15: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

Candra Irawan usai divonis di PN Sidoarjo.

Candra Irawan usai divonis di PN Sidoarjo. (IST)

Share this      

Candra Irawan, 32, bakal mendekam lama di penjara. Pria yang kos di Desa Bligo, Kecamatan Candi itu divonis lima tahun satu bulan penjara oleh Ketua Majelis Hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri Sidoarjo, Senin (22/10). Dia diputus bersalah atas kepemilikan pil koplo sebanyak 10.400 butir.

Tanpa di temani sanak keluarga maupun penasihat hukumnya, terdakwa langsung duduk di kursi pesakitan di depan Erly Soelistyarini selaku Ketua Majelis Hakim. Erly pun langsung membacakan putusan atas kasus yang menjerat terdakwa. Selain putusan hukuman penjara, terdakwa juga diwajibkan membayar denda Rp 100 juta atau subsider satu bulan penjara. 

Vonis tersebut sudah berkurang 2 tahun 5 bulan dari tuntutan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurhayati pada sidang pekan lalu. "Saya tidak banding. Masalah penurunan hukuman 2,5 tahun itu dari hati nurani hakim," ucap Nurhayati selepas sidang.

Sementara itu, terdakwa masih menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut. Dia diberi waktu satu minggu untuk menentukan pilihan tersebut.

Seperti diketahui, terdakwa diringkus gara-gara memiliki 10.400 butir pil koplo logo Y yang ditemukan dikosnya pada Juni lalu. Dia juga terbukti telah menjadi pengedar pil koplo ke beberapa orang. Bahkan terdakwa juga biasa menjual pil terlarang tersebut kepada anak jalanan yang biasa mangkal di lampu merah. (son/vga)

(sb/son/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia