Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Risma: Hari Santri Momen Perkuat Kebangsaan

22 Oktober 2018, 17: 04: 22 WIB | editor : Wijayanto

RESMI: Wali Kota Tri Rismaharini saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Santri, Senin (22/10).

RESMI: Wali Kota Tri Rismaharini saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Santri, Senin (22/10). (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengajak semua lapisan masyarakat memanfaatkan Hari Santri yang jatuh hari ini (22/10) untuk memperkuat paham kebangsaan. Sebab, santri dalam sejarahnya memiliki peran yang besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Perjuangan tidak hanya dilakukan oleh beberapa kelompok, tapi seluruh warga Surabaya termasuk para santri,” kata Risma usai acara yang juga dihadiri Kapolrestabes Kombespol Rudi Setiawan, Danrem Bhaskara Jaya 084 Kolonel Inf Sudaryanto serta jajaran pemuka agama, Senin (22/10).

Tanpa kiprah kaum santri melalui sikap sosialnya yang moderat (tawassuth), toleran (tasamuh), proporsional (tawazun), lurus (i`tidal) dan wajar (iqtishad). Risma yang mengutip surat Ketum PBNU KH. Said Aqil Siroj mengatakan bahwa NKRI belum tentu eksis hingga hari ini.

“Momentum Hari Santri, perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis keagamaan. Spirit “nasionalisme bagian dari iman” perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme,” paparnya. (bae/jay)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia