Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Soekarwo, Penetapan UMP 2019 Ikuti Aturan Nasional

20 Oktober 2018, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

ilustrasi UMP 2019 Jatim

ilustrasi UMP 2019 Jatim (net)

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan pemerintah provinsi akan mengikuti aturan nasional terkait penetapan UMP 2019. Tahun ini, Kementerian Ketenagakerjaan mengumumkan kenaikan upah sebesar 8,03 persen.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengatakan penetapan upah sudah diatur melalui Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015. Ia memastikan tidak mungkin mengikuti permintaan buruh yang menginginkan UMP naik 10 bahkan hingga 20 persen.

“Kami masih harus melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan buruh dan Apindo. Kami berharap  pembangunan pabrik di daerah juga harus ditingkatkan agar bisa merata dan tidak hanya terfokus pada ring satu Jatim saja,” katanya.

Menurut Pakde Karwo dengan naiknya UMP ini, pihaknya akan melakukan upaya pengurangan disparitas atau kesenjangan antar daerah di Jatim. Menurutnya, saat ini infrastruktur sudah menunjang untuk pemerataan industri.

Ia memberi contoh, keberadaan tol Ngawi membuat daerah yang berbatasan dengan Jawa Tengah, dilirik investor. Menurutnya di Ngawi 200 hetar lahan sudah digunakan untuk industri.

 “Kalau saat ini UMK-nya baru Rp1,4 juta, nanti bisa saja naik,” katanya.(mus/rud)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia