Kamis, 22 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Antisipasi Musim Hujan di Sidoarjo

Benahi Semua Saluran Air

Jumat, 19 Oct 2018 19:52 | editor : Lambertus Hurek

Perbaikan saluran air di Jalan Gajah Mada Sidoarjo.

Perbaikan saluran air di Jalan Gajah Mada Sidoarjo. (Satria Nugraha/Radar Sidoarjo)

Wilayah perkotaan tidak luput dari genangan air ketika musim hujan. Salah satu penyebabnya adalah sebagian jalan tidak memiliki saluran air. Untuk itu, pemkab saat ini mulai melakukan perbaikan di beberapa titik. 

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) M Yunan Khoiron mengakui bahwa fasilitas jalan di pusat kota belum lengkap. Saluran air tidak memadai. Lebarnya hanya satu meter dan sebagian besar tertutup sampah. Seperti di Jalan Monginsidi. Banjir disebabkan air tidak tertampung dalam saluran air. 

"Setiap musim hujan selalu tergenang air," katanya, Jumat (19/10). Begitu juga di tujuh lokasi lainnya. Seperti di Jalan Gajah Mada, Jenggolo, Thamrin, Pahlawan, dan Yos Sudarso. 

Salah satu upaya untuk melancarkan aliran air yaitu dengan pembenahan saluran. Tahun ini, pembenahan saluran dimulai. Tempat penampungan air dilebarkan. Semula lebarnya satu meter ditambah menjadi dua meter. Anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 8 miliar.

Yunan menjelaskan, pelebaran saluran air itu minimal mempercepat laju air. Ketika hujan turun, air tidak lagi merendam jalan berjam-jam. "Target kami mempercepat pengaliran genangan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan menjelaskan, perbaikan saluran air itu dikerjakan serempak. Proyek tersebut, harus tuntas sebelum musim hujan tiba. Bulan depan sudah selesai.

Menurut dia, masih ada titik genangan di pusat kota yang belum tersentuh pembenahan. Lokasinya berada di jalan Diponegoro. Mulai pertigaan jalan Kutuk Sidokare hingga di sebelah pusat perbelanjaan di Jalan Pahlawan. 

Sigit mengatakan, pemkab berniat membenahi saluran air. Sayangnya, anggaran tidak mencukupi. "Kami lanjutkan tahun depan," katanya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia