Sabtu, 07 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Sidoarjo
Sukendro Syahlil, Kepala SMK YPM 7 Tarik

Artikelnya Sering Dimuat di Media Nasional

19 Oktober 2018, 19: 15: 02 WIB | editor : Lambertus Hurek

KONSISTEN: Drs. Sukendro Syahlil, MM menunjukan salah satu artikelnya yang dimuat di Radar Sidoarjo edisi 13 September 2018.

KONSISTEN: Drs. Sukendro Syahlil, MM menunjukan salah satu artikelnya yang dimuat di Radar Sidoarjo edisi 13 September 2018. (Sanusi/Radar Sidoarjo)

Share this      

Kepala SMK YPM 7 Tarik Sukendro Syahlil ternyata rajin menulis. Hobi yang dilakoni sejak mahasiswa itu masih ditekuni sampai sekarang di sela kesibukannya sebagai kepala sekolah.

SANUSI HASAN

ORANGNYA sederhana, cepat akrab, dan selalu tersenyum jika diajak ngobrol. Itulah kesan pertama yang terlihat dari sosok Sukendro Syahlil. Menjabat sebagai Kepala SMK YPM 7 Tarik sejak 2011 tidak menghentikan hobi menulisnya. 

Ketika masih menjadi mahasiswa IKIP Negeri Surabaya (sekarang Universitas Negeri Surabaya), Sukendro banyak menulis artikel dan sudah dipublikasikan oleh berbagai media massa. Di antaranya, majalah Gema dan majalah Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan terbitan IKIP Negeri Surabaya. Artikel ilmiah populernya pun dimuat di berbagai surat kabar. 

Tak mengherankan, Sukendro ketika mahasiswa pernah ditunjuk menjadi duta IKIP Negeri Surabaya dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) se-Indonesia di Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Hobi menulis terus dipupuk dan dikembangkan sampai sekarang meski kegiatannya sangat padat.

Selain menjabat Kepala SMK YPM 7 Tarik, Sukendro juga menjadi dosen Universitas Terbuka Surabaya, Ketua 1 Takmir Masjid At-Taqwa dan Wakil Ketua 1 Panti Asuhan Mabarrot YPM Sidoarjo. "Syukur alhamdulillah, hobi menulis itu bisa mengantarkan saya menjadi juara pertama guru berprestasi SMA/SMK Kabupaten Sidoarjo tahun 2008/2009," katanya.

 Sangat banyak artikel yang dihasilkan oleh guru kreatif yang satu ini. Kebanyakan artikel yang ditulis Sukendro berkaitan dengan pendidikan, soail kemasyarakatan dan masalah sosial budaya. Artikelnya antara lain dimuat di majalah Teropong Balitbang Provinsi Jatim, majalah Media Pendidikan Surabaya, jurnal Delta Widya Sidoarjo, majalah Pena Sidoarjo, majalah Dinas Koperasi Jawa Timur, Jawa Pos, dan Radar Surabaya.

 Sukendro mengaku ingin buah pemikirannya bisa bermanfaat bagi pengembangan pendidikan dan kemaslahatan masyarakat sekarang dan di masa mendatang. Selain itu, menurut dia, kegiatan menulis ini bisa ditumbuhkembangkan pada anak-anak, khususnya peserta didik SMK YPM 7 Tarik. 

Karena itu, setiap ada lomba menulis esai atau artikel, pria yang akrab disapa Pak Kendro ini selalu mengikutsertakan siswa-siswinya dalam kompetisi menulis. "Saya berharap menulis bisa menjadi aktivitas yang positif di lingkungan SMA/SMK, sehingga kelak lahir penulis-penulis yang andal dan kreatif," ujar bapak dua putra tersebut. 

Selain hobi menulis, Sukendro hobi bermain bola voli. Bahkan, dia

mendirikan klub bola voli Puma di Tarik . Tujuannya untuk pembinaan dan pengembangan olahraga bola voli di Kecamatan Tarik.

Klub Puma selalu berpartisipasi dalam sejumlah event di Sidoarjo dan sekitarnya. Di antaranya, porkab, kejurkab, hingga turnamen bola voli di Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Surabaya. (nis)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia