Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Berkas Korupsi Kades Pesawahan Dilimpahkan

15 Oktober 2018, 20: 10: 05 WIB | editor : Lambertus Hurek

Kades Pesawahan Aris (kanan) diborgol di Polresta Sidoarjo.

Kades Pesawahan Aris (kanan) diborgol di Polresta Sidoarjo. (Satria Nugraha/Radar Sidoarjo)

 Berkas perkara kasus korupsi APBDes 2016 di Desa Pesawahan, Porong yang ditangani Satreskim Polresta Sidoarjo rampung. Kasus penyelewengan dana desa yang menyeret Kades Pesawahan, Aris, 30, dan Purwanto, 32, warga Candi Pari RT 6/RW 3, Kecamatan Porong itu dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Senin (15/10).

Sebelum dilimpahkan, kedua tersangka sempat dirilis dan digelandang oleh Satreskrim Polresta Sidoarjo. Sejumlah barang bukti hasil penyidikan juga diperlihatkan ke sejumlah wartawan yang meliput. Di antarannya, sejumlah dokumen perencanaan anggaran biaya pembangunan pekerjaan paving jalan di Desa Pesawahan. 

Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris mengatakan, kedua tersangka dijerat dengan pasal dugaan korupsi pekerjaan pembangunan peninggian jalan paving yang ada di Desa Pesawahan. Proyek tersebut menggunakan dana anggaran APBDes tahun 2016 senilai Rp 510 juta. “Sudah kami selidiki dan ada dugaan korupsi di dalam pengerjaannya,” beber Harris.

Dia melanjutkan, nilai anggaran APBDes tersebut dibagi dalam dua lokasi di desa tersebut. Yakni, di RW 01 menggunakan anggaran Rp 406 juta dan di RW 2 menelan anggaran sebesar Rp 104 juta. Dari hasil penyelidikan yang telah dilakukan, total kerugian negara akibat ulah kedua tersangka senilai Rp 52,7juta. “Pembagian keuntungan antara kedua tersangka hampir sama,” tegas Harris.

Kini keduanya bakal menjalani proses hukum lebih lanjut di Kejaksaan Negeri Sidoarjo. Keduanya dijerat dengan pasal 2 dan atau 3 dan atau pasal 9 UU no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. (son/vga)

(sb/son/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia