Kamis, 22 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo
Pil Koplo Dikemas Bentuk Vitamin

Polisi Tangkap 29 Tersangka Narkoba

Senin, 15 Oct 2018 19:58 | editor : Lambertus Hurek

Puluhan tersangka narkoba diamankan di Polresta Sidoarjo.

Puluhan tersangka narkoba diamankan di Polresta Sidoarjo. (Satria Nugraha/Radar Sidoarjo)

Selama dua pekan, Satresnarkoba Polresta Sidoarjo berhasil menangkap 29 tersangka penyalahgunaan narkoba. Bahkan, polisi juga berhasil membongkar modus baru peredaran pil koplo dengan berbentuk kemasan vitamin.

Para tersangka itu diringkus polisi selama periode tanggal 1– 14 Oktober. Sejumlah barang bukti juga diamankan. Di antaranya, 27,34 gram sabu-sabu (SS), 28.215 butir pil dobel L, dan 660 butir pil trihexyphenidyl.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, tersangka yang ditangkap merupakan rincian dari 19 kasus yang berhasil diungkap dalam periode dua pekan tersebut. “Mereka kebanyakan jaringan narkotika yang berada di daerah Waru, Sukodono, dan Taman,” kata Himawan, Senin (15/10). 

Himawan mengungkapkan, modus baru yang dilakukan tersangka juga perlu diwaspadai oleh masyarakat. Yakni, pil koplo jenis dobel L dikemas dalam bungkus bertuliskan vitamin B1. “Jadi sekilas orang melihat pil dobel L adalah vitamin. Padahal jika diperhatikan dengan teliti ada tulisan dobel L nya,” ujarnya.

Himawan mengharapkan kepada masyarakat untuk lebih teliti dalam membeli atau menerima obat-obatan yang baru dikenal. Apalagi pemberian dari orang asing. Dikhwatirkan obat-obatan tersebut merupakan narkotika jenis dobel L yang sengaja dikemas menyerupai obat maupun vitamin. “Memang untuk sampai saat ini pelaku tidak menjual di apotek. Namun menjualnya secara acak kepada masyarakat,” tegasnya. 

Selain itu, Himawan juga menegaskan jika pihaknya bakal terus berupaya menekan peredaran narkotika di wilayahnya. “Sidoarjo daerah transit peredaran narkoba ke daerah lain seperti Surabaya dan sekitarnya. Jadi masyarakat harus waspada,” pungkasnya. (son/vga)

(sb/son/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia