Sabtu, 20 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Bea Cukai Expo Siap Digelar November

Rabu, 10 Oct 2018 10:31 | editor : Aries Wahyudianto

PAPARAN : Kepala KPPBC Gresik Indra Gautama saat memberikan paparan rencana Bea Cukai Expo kepada perwakilan industri.

PAPARAN : Kepala KPPBC Gresik Indra Gautama saat memberikan paparan rencana Bea Cukai Expo kepada perwakilan industri. (YUDHI/RADAR GRESIK)

KOTA - Pameran akbar industri dan kepabeanan bakal digelar pertengahan November mendatang. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Gresik bersama Radar Gresik menjadi penyelenggaran pameran bertajuk Bea Cukai Goverment and Industrial Expo (B-Cax Gresik) 2018.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Gresik (KPPBC TMPB) Gresik, Indra Gautama Sukiman mengungkapkan, pameran diselenggarakan 3 hari. Yakni 23-25 November di Icon Mall Gresik. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tugas dan fungsi bea cukai kepada masyarakat.

“Selain itu melalui B-Cax Expo ini kami ingin menyampaikan informasi yang selama ini belum banyak diketahui oleh masyarakat bahwa cukup banyak industri di Gresik bisa bertahan dan tumbuh sampai saat ini berkat menggunakan fasilitas tempat penimbunan berikat diantaranya kawasan berikat, gudang berikat, dan PLB,” ujarnya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini masyarakat dapat mengetahui potensi daerah serta memiliki gambaran yang jelas mengenai tugas dan fungsi bea cukai.“Dengan masyarakat mengerti apa tugas yang kita lakukan tentu seluruh kegiatan dan sosialisasi yang dilakukan oleh bea cukai akan mendapat dukungan,” jelasnya.

Ditambahkan, pada kegiatan ini peserta tidak hanya menampilkan produknya saja melainkan memberikan informasi dan edukasi terhadap masyarakat terkait industri masing-masing.   “Selain hiburan, kami juga akan menggelar kegiatan talk show yang menghadirkan tokoh nasional serta kalangan pengusaha. Termasuk di dalamnya kami akan membuat kegiatan diskusi yang membahas mengenai berbagai macam regulasi baru khususnya dibidang kepabeanan dan cukai,”tandasnya.

Sementara itu, Manager Humas dan Sumber Daya Manusia PT Wilmar Nabati Indonesia, Hartono Subeki menyambut gembira gelaran B-Cax Gresik Expo 2018. Menurutnya antara industri dan instansi bea cukai suatu hal yang tidak bisa dipisahkan.

“Kegiatan Bea Cukai expo ini mungkin yang pertama kali digelar diseluruh Indonesia. Tentu kami memberikan dukungan penuh demi suksesnya B-Cax Gresik 2018,” kata Hartono.

Senada, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Gresik, Mulyanto juga menyampaikan dukungannya atas terselenggarnya acara ini. Hal itu dibuktikan dengan rencana DPM-PTSP yang akan membukan booth pelayanan investasi di lokasi pameran.

“Secara prinsip pemerintah daerah akan selalu mendukung kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat maupun pengusaha. Khususnya kegiatan yang dapat mendorong investasi,” kata Mulyanto.

Rencananya kegiatan B-Cax Gresik 2018 akan diikuti puluhan industri berskala menengah atas yang berada di Gresik dan Lamongan. Tidak ketinggalan, berbagai stand UMKM, perbankan, otomotif dan properti juga akan bergabung dalam gelaran perdana tersebut. (fir/ris)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia