Kamis, 18 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Jatim Fair 2018, UKM Jatim Tangguh dan Maju Pesat

Kamis, 04 Oct 2018 17:18 | editor : Wijayanto

BERKUALITAS: Para UKM yang mengikuti seleksi pameran Jatim Fair 2018.

BERKUALITAS: Para UKM yang mengikuti seleksi pameran Jatim Fair 2018. (ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

Surabaya - UKM di Provinsi Jawa Timur mengalami perkembangan yang cukup pesat, meskipun kondisi ekonomi sedang melemah. Mereka dinilai mampu bertahan dan bersaing di kancah internasional. UKM-UKM tersebut nantinya akan memamerkan keunggulan dan produk terbaiknya di ajang pameran terbesar di Indonesia Timur, Jatim Fair 2018.

Tangguh dan unggulnya UKM Jatim itu diakui Dr. David Sukardi Kodrat MM JPM, dosen pasca sarjana Universitas Ciputra, Surabaya. Dirinya merupakan salah satu tim yang melakukan seleksi UKM yang akan mengikuti pameran Jatim Fair 2018.  “Sudah banyak kemajuan (UKM Jatim), baik itu kemajuan dalam aspek packaging (pengemasan, Red), kualitas dan standar keamanan, hingga keberanian berinvestasi” ujarnya, Rabu (3/10).

David menuturkan, kemajuan yang terjadi pada UKM Jatim ini salah satunya adalah wujud dari pembinaan yang dilakukan Pemprov Jatim. Kemajuan tersebut sangat bagus, termasuk dalam perlindungan keamanan. “Jadi kemasan bukan hanya kemasan, tetapi juga melindungi konten makanannya dan kemasan juga menambah keindahan. Sehingga daya belinya menjadi lebih tinggi,” sambungnya.

Kedepan, lanjut David yang harus dipertahankan adalah pada maintenance (pemeliharaan, Red) saja, baik packaging, desain, dan lainnya. UKM diminta jangan sampai terlena. Karena begitu mereka terlena akan menjadi tidak kompetitif. Sebab pasar bergerak dan relatif terhadap kompetitor sehingga harus selalu memperbaiki diri.

“Untuk harga sangat kompetitif, artinya ya memang wajar, misalnya sepatu kulit buaya dijual dengan harga Rp 400 ribu ya memang kualitasnya seperti itu. Jadi memang cocok antara harga dan kualitas produknya jadi kastamer yang smart pasti akan mempertimbangkan dan memilih produk produk ini,” tandasnya. (mus/nur)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia