Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya
Rakerda DPD REI JATIM di Banyuwangi

Sarana Evaluasi, Sinkronisasi, Konsolidasi, dan Proyeksi Program Kerja

27 September 2018, 02: 24: 54 WIB | editor : Wijayanto

PEMBUKAAN: Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, M. Rudy Ermawan (kanan) memukul gong tanda pembukaan Rakerda DPD REI Jatim di El Royal Hotel Banyuwangi yang disaksikan dari kiri, Paulus Totok Lusida (Sekjen DPP REI), Danny Wahid (Ketua DPD REI Jatim) dan Soelaeman Soemawinata (Ketua Umum DPP REI).

PEMBUKAAN: Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, M. Rudy Ermawan (kanan) memukul gong tanda pembukaan Rakerda DPD REI Jatim di El Royal Hotel Banyuwangi yang disaksikan dari kiri, Paulus Totok Lusida (Sekjen DPP REI), Danny Wahid (Ketua DPD REI Jatim) dan Soelaeman Soemawinata (Ketua Umum DPP REI). (Istimewa)

BANYUWANGI – Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPD REI) Jawa Timur telah usai digelar pada  20-22 September 2018 di Ballroom El Royal Hotel Banyuwangi. Berdasarkan AD/ART REI Pasal 16 ayat (6), Rakerda diadakan sekurang-kurangnya sekali dalam satu periode kepengurusan.

“RAKERDA bukan hanya sebagai sarana kewajiban pemenuhan AD/ART, namun sudah menjadi tradisi DPD Jatim untuk diadakan setiap tahun,” kata Ketua Penyelenggara RAKERDA DPD REI Jatim, Susilo Effendy, sebelum acara pembukaan.

SAMBUTAN: Ketua DPD REI Jatim Danny Wahid memberikan kata sambutan pembukaan Rakerda.

SAMBUTAN: Ketua DPD REI Jatim Danny Wahid memberikan kata sambutan pembukaan Rakerda. (Istimewa)

Mirza Muttaqien selaku Sekretaris DPD REI Jatim menambahkan, “RAKERDA merupakan sarana penting organisasi dalam melakukan evaluasi, sinkronisasi, konsolidasi, dan proyeksi program kerja yang dibutuhkan ke depan” ujarnya.

Ketua DPD REI Jatim Danny Wahid mengemukakan bahwa dalam penyelenggaraan RAKERDA tahun 2018 ini diikuti oleh 138 anggota REI yang terdiri dari 92 Peserta dan 46 Peninjau. “Jumlah tersebut tersebar di sembilan Komisariat yang dimiliki DPD REI Jatim,” katanya. Danny Wahid menambahkan bahwa pelaksanaan RAKERDA didorong oleh semangat kekeluargaan yang kental.

SERIUS-SANTAI: Suasana Rakerda DPD REI Jatim di El Royal Hotel Banyuwangi yang digelar pada 20-22 September 2018.

SERIUS-SANTAI: Suasana Rakerda DPD REI Jatim di El Royal Hotel Banyuwangi yang digelar pada 20-22 September 2018. (Istimewa)

Agenda RAKERDA diawali dengan evening tea di Villa Pantai Solong Banyuwangi. Dalam acara yang berlangsung santai tersebut, peserta dan undangan disuguhi pemandangan eksotis menghadap ke selat Bali. Setelah menginjak petang, agenda dilanjutkan dengan welcome dinner yang disertai dengan menyalakan kembang api oleh ketua DPP dan DPD.

Menginjak Jumat (21/9), agenda dilanjutkan dengan pembukaan RAKERDA sekitar pukul 10.00 oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, M. Rudy Ermawan, yang mewakili Gubernur Jatim Soekarwo. Acara juga dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, serta para sesepuh REI sekaligus tokoh Jatim F.X Andoyo Nusa Putra, Gatut Prasetyo, Paulus Totok Lusida, dan Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata. Selanjutnya dari para stakeholder pendukung antara lain hadir Bank BTN, Bank BRI, BNI, Ketua KADIN HM Yasin, PDAM Surabaya, dan PLN Distribusi Jatim.

REKOMENDASI: Penyerahan hasil rakerda kepada Ketua DPD REI Jatim Danny Wahid (kanan).

REKOMENDASI: Penyerahan hasil rakerda kepada Ketua DPD REI Jatim Danny Wahid (kanan). (Istimewa)

“Negara bertanggung jawab dalam penyediaan perumahan bagi masyarakat. Jatim mempunyai backlog sekitar 1 juta, artinya 10 persen masyarakat Jatim belum punya rumah. Ini tantangan tersendiri bagi pemprov,” kata M Rudy dalam sambutan pembukaan RAKERDA.

Agenda diteruskan dengan talkshow yang menghadirkan Sigit Poernomo selaku founder Java Banana dibantu moderator Wasito Agus Pramono. Setelah ishoma dan salat Jumat, agenda dilanjutkan dengan pembahasan tata tertib, laporan perkembangan organisasi, paparan OSS (online single submission), sidang komisi, dan penutupan acara Rakerda oleh Ketua DPP REI.

SAMBUT UNDANGAN: Tarian selamat datang Jejer Gandrung yang dibawakan putra daerah.

SAMBUT UNDANGAN: Tarian selamat datang Jejer Gandrung yang dibawakan putra daerah. (Istimewa)

Pascaagenda rapat yang melelahkan, Sabtu pagi (22/9), peserta diajak untuk travelling menuju ke Taman Nasional Alas Purwo yang berlokasi di Goa Istana. Dilanjutkan dengan kunjungan ke destinasi Savana Sadengan yang terkenal sebagai Savana Afrika ala Jawa. Setelah petang, sebagian besar peserta melanjutkan menonton Jazz Gunung Ijen 2018 yang disertai dengan hawa sejuk alam Banyuwangi.

“Syukur Alhamdulillah, semua agenda berjalan dengan baik meskipun beberapa hal masih terdapat kekurangan. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua elemen yang membantu dalam suksesnya RAKERDA REI 2018 ini,” kata Ketua DPD REI Jatim, Danny Wahid, sebelum beranjak kembali ke Surabaya. (*/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia