Kamis, 22 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya
RW 09 Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan

Terbiasa Berkompetisi dengan Lomba Lingkungan

Rabu, 26 Sep 2018 23:27 | editor : Abdul Rozack

SINERGI 14 RT: Warga dan seluruh pamong di RW 09 Banyu Urip berkompetisi memajukan kampungnya.

SINERGI 14 RT: Warga dan seluruh pamong di RW 09 Banyu Urip berkompetisi memajukan kampungnya. (Irano/RADAR SURABAYA)

Surabaya – Jika ada pemilihan kampung yang paling siap untuk gelaran lomba lingkungan jenis apapun, tampaknya warga RW 09 Banyu Urip juaranya. Pasalnya sejak dini, warga di 14 RT yang ada di RW 09 sudah dikondisikan untuk mengikuti lomba bina lingkungan yang rutin digelar setahun sekali untuk memeriahkan HUT RI.

“Karena itu ketika ada lomba-lomba seperti Merdeka dari Sampah (MDS) atau Kampung Pendidikan seperti ini, kami yang mengikuti lomba dalam kategori kampung madya sudah siap dalam seluruh kategorinya,” ujar Ketua RW 09 Suryadi.

Seperti untuk kriteria kampung sehat, warganya sudah biasa iuran dana sehat setiap ada gelaran posyandu baik untuk balita, remaja sampai lansia. Hasil iuran ini dipakai untuk membantu jika sewaktu-waktu ada warga yang sakit atau meninggal dunia.

“Ada pula kampung kreatif dan inovatif dimana warga kami yang kebetulan memiliki keahlian di bidang elektronika memberikan pelatihan dan pembuatan barang kerajinan untuk para pemuda yang putus sekolah maupun yang sudah lulus,” katanya.

Khusus untuk mewujudkan kampung aman, pihaknya menggelar pamswakarsa dengan kemampuan warga menggaji 13 tenaga linmas untuk berjaga dengan digilir setiap seminggu dua kali. Dalam pamswakarsa ini, seluruh staf RT dan RW juga dilibatkan dan dipersenjatai HT untuk melakukan controlling sekaligus sebagai sarana silaturahmi. (jay)

(sb/jay/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia