Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Surabaya

Bunga Tabebuya Bermekaran, Manjakan Mata Pengendara

22 September 2018, 06: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

MEKAR: Salah satu pohon bunga Tabebuya yang ditanam Pemkot di Taman Sejarah, mekar dengan bunga warna kuning cerah, Rabu (19/9). Bermekarannya bunga t

MEKAR: Salah satu pohon bunga Tabebuya yang ditanam Pemkot di Taman Sejarah, mekar dengan bunga warna kuning cerah, Rabu (19/9). Bermekarannya bunga tabebuya, menambah keindahan pemandangan kota Surabaya. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Kondisi jalan protokol seperti Jalan HR Muhammad, Jalan Pahlawan, dan Jalan Bratang kini tampak lebih indah dan enak dipandang. Hal ini tak lepas dari adanya pohon tabebuya yang sedang berbunga. 

Ginanjar Elyas Saputra/Radar Surabaya

Ratusan pohon bunga Tabebuya di musim kemarau ini mencuri perhatian penggendara. Ditengah padatnya arus lalu lintas dan suhu panas di Kota Pahlawan ini terasa adem ketika memandang bunga asal Amerika tersebut. 

Bermekarannya bunga ini ditanggapi oleh salah satu pengendara yang saat itu melintas di Jalan HR Muhammad, Felicia Indri. Dia sempat terpana dengan bunga-bunga yang mekar tersebut.

Menurutnya bunga ini sangat pas ditanam di Surabaya yang notabene bercuaca panas. Selain bisa menjadikan kesan Surabaya lebih adem dan indah, munculnya bunga itu seperti bagai relaksasi mata  ditengah kemacetan kota. 

“Enak ya dilihat, apalagi kalau pagi hari pas kena macet gitu, malah enak dipandang,” kata Felicia, Jumat (21/9).

Bunga tersebut memang sengaja ditanam di sepanjang jalan protokol agar pengendara yang melintas tidak terasa jenuh dan menyegarkan mata. Kabid Ruang Terbuka Hijau (RTH), Hendrik menjelaskan, bunga tersebut memang sedang waktunya berbunga pada bulan September dan puncaknya pada Oktober mendatang.

“Jadi memang berbunganya pada bulan-bulan ini (September hingga Oktober,red). Banyak bunganya, nanti dia berbunga, gugur, lalu berbunga lagi setiap tahunnya,” tutur Hendrik. 

Di sepanjang Jalan Ahmad Yani mulai dari Mapolda Jatim hingga depan Royal Plaza juga ditanami bunga Tabebuya ini. Bunga tersebut juga memiliki variasi warna menarik, diantaranya merah muda, kuning, dan putih. 

Hendrik menjelaskan, pada saat ini sudah menanam sekitar 40 jenis bunga lebih di beberapa jalan protokol Surabaya. Diantaranya ialah jenis bunga sepatu, sakura, jacaranda, kana, salah satunya ialah jenis tabebuya dan masih banyak lagi.

“Sudah banyak penambahan bunga di beberapa jalan, salah satunya di Jalan Pandegiling itu Tabebuya merah muda. Tapi belum tumbuh tinggi, jadi baru saja kami tanami,” pungkasnya. (*/rud)  

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia