Rabu, 26 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Peringatan 1 Muharram Ponpes Qomarudin

Gelar Pentas Seni, Bazaar dan Aneka Kuliner

Rabu, 12 Sep 2018 09:45 | editor : Aries Wahyudianto

PEDULI LINGKUNGAN : Bayar menggunakan sampah untuk beli makanan dan minuman di stand Bazar Yayasan Pondok pesantren Qomarudin Bungah.

PEDULI LINGKUNGAN : Bayar menggunakan sampah untuk beli makanan dan minuman di stand Bazar Yayasan Pondok pesantren Qomarudin Bungah.

PERINGATAN tahun baru Islam 1440 Hijriyah atau 1 Muharram digelar meriah oleh Yasasan Pondok Pesantren (Ponpes) Qomaruddin, Kecamatan Bungah. Pondok terbesar di Gresik Utara ini menggelar pentas seni dan bazar aneka kuliner.

KEGIATAN Muharamman ini digelar di komplek sekolah Yayasan Ponpes Qomaruddin (YPPQ). Ribuan santri dan pelajar YPP ikut memeriahkan dengan tampil pada pagelaran pentas seni.

Mereka begitu antusias melihat penampilan dari teman-temannya. Ada yang menampilkan salawat, pencak silat, musikalisasi puisi, hingga drama musikal.

Ketua YPPQ, KH Muhammad Alauddin yang juga ketua RMI NU Kabupaten Gresik menjelaskan, pihaknya memang rutin menggelar kegiatan memperingati tahun baru Islam. kegiatan itu digelar oleh seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan YPPQ. Mereka berkolaborasi membuat kegiatan pentas seni dan bazar.

“Kami adakan sebagai bentuk kegembiraan menyambut tahun baru Islam, sekaligus mengenang peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah untuk menyebarkan agama Islam,” ujar pria yang akrab disapa Gus Ala’ ini.

Tak hanya itu, sambung Gus Ala’, kegiatan ini juga bagian dari memfasilitasi bakat dan minat para siswa serta mahasiswa YPPQ. “Yang pintar dalam dunia tarik suara dan bela diri kami beri ruang untuk tampil di pangung. Ini supaya mereka semakin percaya diri dan berkembang,” terangnya.

Gus Ala’ berharap, momentum tahun baru Islam bisa mengingatkan para siswa siswi tentang perjuangan Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam. Sehingga mereka akan semangat untuk berdakwah.

Ada kegiatan unik di acara tersebut. Sejumlah pelajar siswi MA Ma’arif NU Assa’adah YPPQ membangun kesadaran para pelajar dalam menjaga lingkungan. Mereka melaunching Blue Agent Madah, yang mana setiap orang bisa membeli makanan dan minuman hanya dengan sampah.

Terlihat keramaian di stand bazar MA Ma’arif NU Assa’adah. Beberapa anak-anak membawa sampah botol plastik untuk ditukarkan dengan es krim cup kecil. Dalam sekejap, es krim langsung ludes tak tersisa.

Ketua YPPQ, KH Muhammad Alauddin menjelaskan, dalam rangka memperingati tahun baru Islam seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan YPPQ berkolaborasi dengan menggelar pentas seni dan bazar.

Dikatakan, dari beberapa stand bazar, ada stand yang konsen ke lingkungan, yakni MA Ma’arif NU Assa’adah. “Melalui program Blue Agent Madah mereka ingatkan pengunjung untuk menjaga kebersihan lingkungan,” kata Gus Ala’. (*/ris)

(sb/yud/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia