Selasa, 20 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Konferda PD Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jawa Timur 2018

Dukung Aktualiasi dan Kompetensi Apoteker

Sabtu, 01 Sep 2018 11:13 | editor : Aries Wahyudianto

SERIUS : Para peserta sedang mendengarkan sambutan dari Ketua IAI Jatim Abdul Rahem.

SERIUS : Para peserta sedang mendengarkan sambutan dari Ketua IAI Jatim Abdul Rahem. (HANY AKASAH/RADAR GRESIK)

KOTA-Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Jawa Timur menggelar Konfrensi Daerah (Konferda) 2018 di Hotel Saptanawa, Gresik mulai 31 Agustus hingga 2 September. Kegiatan itu digelar untuk memilih ketua IAI baru untuk masa jabatan 2018-2022.

Ketua IAI Jatim, Abdul Rahem mengatakan selain menjadi wadah silaturahim bagi para apoteker di Jatim, IAI juga mengakomodir perkembangan dan kebutuhan apoteker. “Teknologi itu sudah digenggaman tangan, para apoteker harus menyikapi perubahan generasi zaman now ini,” jelasnya. Semua hal tersebut menyiratkan upaya berkelanjutan yang harus didukung aktualisasi dan peningkatan kompetensi melalui aktivitas edukasi kepada para apoteker.

Tidak sekadar itu, ada target besar yang ingin dicapai IAI jika ketua baru nantinya terpilih. Organisasi apoteker di Jatim itu akan merekomendasi berbagai kebijakan yang dianggap sangat krusial dan penting bagi apoteker.Seperti eksistensi apoteker pelaksananan akses kebutuhan obat di apotek, kompetensi apoteker dan sebagainya. “Kami melihat peraturan belum sinkron  dengan praktik farmasi. Misalnya, industri obat banyak, namun di apotek justru kebutuhan masih kurang. Dari 920 puskesmas, hampir separuh belum punya apoteker,” jelasnya.  

HIKMAT : Para peserta Konferda PD IAI Jatim sedang menyanyikan mars IAI saat pembukaan di Hotel Saptanama Gresik, Jum’at (31/8)

HIKMAT : Para peserta Konferda PD IAI Jatim sedang menyanyikan mars IAI saat pembukaan di Hotel Saptanama Gresik, Jum’at (31/8) (HANY AKASAH/RADAR GRESIK)

Ketua IAI Gresik, Gemparing Bayu Wiyoto menambahkan, sebagai tuan rumah, IAI Gresik berharap pemerintah bisa melihat perkembangan apoteker, tidak hanya di Jatim, namun Gresik. “Kami terus memberi semangat kepada para apoteker untuk tetap semangat dengan adanya JKN (Jaminan Kesehatan Nasional,red),” jelasnya.  Selama tiga hari Rakorda diisi dengan berbagai kegiatan seperti diskusi JKN bersama Kemenkes dan BPJS, dan sebagainya. “Dalam gala dinner akan hadir Bupati Gresik dan hiburan lainnya,” pungkas Gempar. (han)

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia