Rabu, 26 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Petasan Masuk Kamar, Rumah Nyaris Ludes Terbakar

Selasa, 21 Aug 2018 16:42 | editor : Wijayanto

KARENA PETASAN: Petugas melakukan pembasahan di sumber api.

KARENA PETASAN: Petugas melakukan pembasahan di sumber api. (Istimewa)

Surabaya - Sebuah rumah di perkampungan padat, Jalan Banyu Urip Lor  Gang 9/11 terbakar hebat Minggu malam (19/8). Penyebabnya, ada petasan nyasar dan apinya menyambar kasur.

Rumah yang diketahui milik Siti Nurjanah tersebut terbakar. Peristiwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 19.30. warga yang melihat kobaran api dari atap rumah Nurjanah langsung berteriak dan meminta penghuni rumah untuk segera keluar.

Selain membantu mengevakuasi benda-benda berharga, warga tak mampu berbuat banyak untuk memadamkan api, sebab kobaran api berada di lantai II. Mereka menunggu kedatangan petugas PMK datang ke lokasi.

Setelah ditunggu beberepa menit, 15 mobil PMK datang ke lokasi. Saat itu, kondisi api sudah membesar. Petugas pun segera berjibaku dengan api, pemadaman dilakukan dengan dua cara, yakni membasahi terlebih dahulu tepi titik api agar tak menyebar kemudian memadamkannya.

Proses pembahasan tersebut diwaranai sebuah insiden, seorang petugas PMK mengalami luka setelah tertimpa material bangunan. Hanya saja lukanya tidak parah dan sudah mendapatkan perawatan medis di lokasi.

“Setelah satu jam, kami berhasil memadamkan api,” ungkap Kepala Operasional Dinas PMK Kota Surabaya, Bambang Vistadi.

Bambang mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran namun berdasarkan keterangan sejumlah saksi api berasal dari percikan petasan. Petasan itu masuk ke dalam rumah melalui jendela dan menyambar kasur yang ada di lantai II.  “Tak ada korban jiwa, namun semua yang ada di lantai II ludes,” jelasnya.

Dari peristiwa ini, Bambang mengimbau agar warga tak menyalakan kembang api atau petasan, apalagi di kawasan pemukiman padat. Sebab jika tak hati-hati dapat menimbulkan kebakaran. (yua/rtn)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia