Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

RS Ibu Sina Siapkan Poli Geriatri

15 Agustus 2018, 10: 20: 45 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Para pasien sedang menunggu proses pelayanan Poli Geriatri.

Para pasien sedang menunggu proses pelayanan Poli Geriatri. (YUDI/RADAR GRESIK)

Share this      

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina Gresik sedang mempersiapkan pembangunan poli geriatri atau pasien lanjut jiwa. Selain jumlah pasien makin banyak, pengadaan rumah sakit itu sebagai salah satu prasyarat untuk mengikuti proses akreditasi SNARS di tahun 2019 mendatang.

Direktur RSUD Ibnu Sina, dr Endang Puspitowati  menjelaskan  salah satu  syarat untuk mendapatkan akreditasi snars itu RS harus Standarmenyediakan pelayanan geriatri rawat jalan, rawat inap akut dan rawat inap kronis sesuai dengan tingkat jenis pelayanan. “Pasien geriatri adalah pasien lanjut usia dengan multi penyakit akibat penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi dan lingkungan,” jelasnya. Dengan itu membutuhkan pelayanan kesehatan secara tepadu dengan pendekatan multi disiplin yang bekerja sama secara inter disiplin. Dengan meningkatnya sosial ekonomi dan pelayanan kesehatan maka usia harapan hidup semakin meningkat, sehingga secara demografi terjadi peningkatan populasi lanjut usia. Sehubungan dengan itu rumah sakit perlu menyelenggarakan pelayanan geriatri sesuai dengan tingkat jenis pelayanan geriatri.

Diharapkannya, nantinya pasien geriatri adalah pasien lanjut usia dengan multi penyakitgangguan  itu mendapatkan pelayanan kesehatan secara tepadu dengan pendekatan multi disiplin yang bekerja sama secara interdisiplin di poli geriatri. Sehingga, kondisi sosial ekonomi dan pelayanan kesehatan maka usia harapan hidup semakin meningkat, sehingga secara demografi terjadi peningkatan populasi lanjut usia. “Oleh karena itu rumah sakit perlu menyelenggarakan pelayanan geriatric sesuai dengan tingkat jenis pelayanan geriatri,” jelasnya. (han)

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia