Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Perbankan Kesulitan Salurkan Kredit

30 Juli 2018, 14: 42: 11 WIB | editor : Aries Wahyudianto

seris dalam melayani nasahab di salah satu perbankan Gresik.

seris dalam melayani nasahab di salah satu perbankan Gresik. (FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

Kalangan perbankan di Gresik mengaku kesulitan menyalurkan kredit. Faktor utamanya yakni terjadi penurunan permintaan kredit sehingga berdampak Dana Pihak Ketiga (DPK) menumpuk.

Kepala Cabang Bank BNI Gresik, Bayu Kurnoto mengatakan, mencatat realisasi kredit hanya 52 persen di semester I tahun 2018 ini. Padahal, target penyaluran sampai 60 persen.

“Kondisi kredit tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. Agak melambat. Nasabah kredit turun karena mereka rata-rata kesulitan mendapatkan pinjaman dana,”  kata Bayu.

Dikatakan, BNI Gresik mentargetkan pertumbuhan penyaluran kredit  mencapai 12 persen.   Mereka pun tampak pesimis karena kondisi ekonomi masyarakat yang belum optimal.

“Kami target penyaluran kredit sekitar Rp 450 miliar,” ungkap dia.

Kepala Cabang Bank Bukopin Gresik, Wiwiek Kismijati menambahkan, banyak yang memilih menjadi nasabah tabungan daripada kredit.

“Permintaan kredit di Gresik turun ini mungkin karena kekuatan finansial masyarakat bagus,” jelasnya.

Dikatakan, perlambatan penyaluran kredit terlihat di  beberapa perbankan." Perbankan akan bertahan jika kredit tercapai, kalau kualitas tidak baik akan  jadi masalah," jelasnya.

Pengamat Keuangan, Indra Firdaus Tuharea  menyatakan permintaan kredit semester I tahun 2018 memang melemah. Meski target penurunan suku bunga digenjot, namun seakan  tidak mempengaruhi permintaan kredit.

"Kalau suku bunga dipaksa untuk turun, bukan berarti permintaan naik. Ada faktor lain yang menentukan," ujarnya. Faktor yang menentukan yakni lebih pada persepsi dan keyakinan konsumen.  Jika keyakinan konsumen rendah, otomatis permintaan kredit menurun.

"Saya pesimis target kredit akan mampu mencapai double digit,” tukasnya. (fir/han)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia