Senin, 20 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Bisnis Cokelat Sampai Ekspansi ke Luar Kota

Awalnya Mengolah Sendiri agar Anaknya Tidak Jajan di Luar

30 Juli 2018, 13: 54: 38 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Noor Indahwati menunjukkan hasil kreasi cokelatnya yang telah dipasarkan ke beberapa supermarket.

Noor Indahwati menunjukkan hasil kreasi cokelatnya yang telah dipasarkan ke beberapa supermarket. (HANY AKASAH/RADAR GRESIK)

Share this      

Di tengah gempuran produk impor, UMKM maupun IKM di Gresik berusaha bangun dari keterpurukan. Tentunya, dengan berbagai kreasi dan proses pemasaran yang optimal. Salah satunya dilakukan Noor Indahwati, owner Nice Chocoate. Ia pun berhasil mengembangkan bisnis cokelatnya sampai ekspansi ke kota-kota besar. 

Dengan tampak telaten, Noor Indahwati terlihat gesit dalam mengelola cokelat. Mulanya, ia memarut cokelat, dan kemudian diolah di atas tungku. Dalam kondisi panas itu, Indah kemudian memberi berbagai macam cita rasa di cokelat yang sudah dimasak. Antara lain, rasa blueberry, kacang, strowbery dan lainnya.

Setelah itu olahan coklat didinginkan dan dibentuk dalam berbagai macam cetakan, terakhir proses bungkus dan pengepakan. “Seminggu sekali bisa tiga kali produksi. Habis itu saya distribusikan ke beberapa supermarket besar di Gresik, serta kota besar, seperti Jakarta,” kata Indah.

Di tengah gempuran produk cokelat impor yang makin banyak, Indah mengaku kalau produksi cokelatnya masih mampu bersaing di pasaran. Sebab, ia menggunakan produk cokelat berkualitas, dan sudah memiliki market lama yang masih percaya dengannya.

“Saya memulai bisnis ini sejak 2013 lalu, awalnya kecil-kecilan,” kata ibu dua anak itu.

Permulaan bisnis itu, lanjut dia, karena putrinya suka dengan makanan cokelat. Hampir setiap hari beli. Karena harga cokelat di supermarket mahal, Indah akhirnya mulai mencoba mengolah berbagai macam cokelat supaya anaknya tidak sering jajan di luar.

“Alhamdulillah kok senang, akhirnya asyik produksi sendiri,” tutur dia.

Dari situlah permintaan mulai banyak, khususnya di supermarket besar di Gresik maupun Surabaya. Supaya bisa tetap ekspansi ke kota besar, Indah terus memperbarui proses perizinan serta BBPOM. “Prosedur pemerintah sekarang lebih mudah, jadi saya ikuti peraturannya agar bisnis bertahan dan lancar,” pungkasnya. (*/jee)

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia