Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik
BPJS Kesehatan Gresik Gelar Senam Sehat Kolosal

Sebagai Upaya Promotif Preventif Penyakit Kronis dan Katastropik

30 Juli 2018, 12: 09: 44 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Bupati Gresik Sambari Halim (tengah) diapit Wabub Gresik, Mochammad Qosim (kanan) serta Kepala BPJS Kesehatan  Cabang  Gresik Galih Anjungsari mengatakan   bersama peserta senam.

Bupati Gresik Sambari Halim (tengah) diapit Wabub Gresik, Mochammad Qosim (kanan) serta Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik Galih Anjungsari mengatakan bersama peserta senam. (HANY AKASAH/RADAR GRESIK)

Share this      

Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Cabang Gresik turut menyemarakkan kegiatan Senam Sehat Kolosal yang diselenggarakan serentak oleh seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan se-Indonesia. Bertempat di Lapangan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Minggu (29/7), BPJS  Kesehatan mengajak masyarakat membiasakan berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat sebagai upaya promotif preventif  penyakit.

Acara diikuti oleh 586 peserta. Mereka diantaranya peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), stakeholder di Gresik seperti Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Gresik, Mochammad Qosim, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik. Dr Nurul Dhollam. Serta relasi perusahaan yakni Direktur Kauangan RS Petrokimia Gresik Dwi Ary Purnomo,  dr Asluchul Alif, Direktur Utama Fathma Medika dan lain sebagainya.

Kepala BPJS Kesehatan  Cabang  Gresik Galih Anjungsari mengatakan  senam sehat kolosal dalam rangka merayakan HUT BPJS ke-50 tahun, selain itu menyambut Asian Games XVIII di Palembang. “Yang terpenting juga kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan senam rutin setiap pagi, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun sehingga tidak mudah sakit,” papar dia.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat. Apalagi, kini penderita penyakit kronis maupun katastropik seperti jantung, diabetes millitus, kanker terus meningkat.

Selain senam sehat, kegiatan BPJS itu makin meriah dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, cek kesehatan, donor darah,  lomba yel-yel dan lainnya.

Wakil Bupati Gresik, Mochammad Qosim menambahkan, pelayanan kesehatan di Gresik ini sudah baik dan terdepan terbukti banyak  penghargaan yang diraih dalam dunia kesehatan, seperti Satya Kencana Lingkungan, dan sebagainya.

“Kesehatan masyarakat Gresik sudah di atas rata-rata nasional, bahkan juga di atas Jatim. Pemkab juga menambah dana kesehatan dari yang sebelumnya Rp 35 miliar per tahun, kini Rp 250 miliar,” papar dia. (han)

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia