Kamis, 22 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

KPU Tetapkan Khofifah-Emil sebagai Gubernur dan Wagub Terpilih

Rabu, 25 Jul 2018 14:49 | editor : Wijayanto

KPU Tetapkan Khofifah-Emil sebagai Gubernur dan Wagub Terpilih

SURABAYA - KPU Jatim telah menetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dinyatakan sebagai pemenang di Pilgub 2018.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan, dari surat Mahkamah Konsitusi (MK) Nomor 14/PAN.MK/7/2018 menyatakan bahwa Jatim tidak termasuk dalam daftar gugatan. KPU RI pun mengeluarkan surat edaran (SE) tanggal 23 Juli 2018 perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Tanpa Perselisihan. Atas dasar itulah pihaknya pun menetapkan Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“Sudah ada landasan tersebut, sehingga wajib segera menetapkan paslon maksimal sehari setelah tanggal surat itu. Dengan demikian, maka satu hari setelah register di MK melakukan rapat terbuka, dan pada hari ini KPU Jatim melakukan penetapan,” ujar Eko, Selasa (24/7).

Dia melanjutkan, dengan demikian pasangan Khofifah-Emil ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih. Selanjutnya, dalam waktu tiga hari ke depan surat penetapan ini diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri guna dilakukan proses lebih lanjut. “Kami serahkan melalui DPRD Jatim. Maka kewenangan KPU atas pilgub selesai. Selanjutnya beralih ke mendagri,” ungkapnya.

Pada penetapan tersebut, hanya terlihat Khofifah. Emil yang menjadi pasangan Khofifah tidak hadir dikarenakan sedang menghadiri acara forum internasional wali kota sedunia di New York. Sedangkan pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno, keduanya tak terlihat menghadiri acara yang berlangsung di salah satu hotel di Surabaya ini. (bae/no)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia